Sabtu, 20 Oktober 2012

Pameran Tunggal Lukisan RB. Ali: Memelihara Hasrat


Tanggal 19 Oktober 2012 lalu, saya dan teman-teman dari Blogger Reporter berkesempatan diundang ke Gd. Galeri Cipta II, guna menghadiri acara pembukaan Pameran Tunggal Lukisan karya Rb. Ali dengan tajuk “Memelihara Hasrat”.

Acara ini dimulai sekitar pukul 19.30 WIB, sesuai dengan jadwal yang tertera pada undangan yang saya terima. Dengan dipandu oleh Mira Sahid, rekan sesama blogger, yang malam itu didaulat untuk menjadi MC, acara dimulai dengan sambutan dari Bapak Drs. Bambang Subekti, MM selaku Kepala Badan Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki, disusul dengan sambutan dari mantan gubernur DKI Jakarta, Bapak. H. Sutiyoso SH, yang malam itu memang diminta untuk membuka secara resmi acara pameran lukisan ini. Salah satu hal yang saya ingat dari sambutan beliau adalah ketika ia bercerita bahwa ternyata dahulu sosok Rb. Ali ini bercita-cita menjadi seorang militer atau tentara. Sayangnya jalan hidupnya berkata lain, hingga akhirnya Rb. Ali dikenal seperti sekarang ini sebagai seorang pelukis.
Bapak Bambang Subekti tengah memberikan sambutan

Bapak Sutiyoso sedang memberikan sambutan

Usai kedua sambutan tersebut, barulah sang empunya acara, yaitu Rb. Ali memberikan semacam sambutan kepada seluruh pengunjung dan tamu undangan yang hadir malam itu. Ketika ditanya kenapa beliau memilih “Memelihara Hasrat” sebagai tajuk pamerannya, beliau menjawab bahwa lukisan-lukisan yang ditampilkan dalam pameran ini adalah salah satu bentuk bagaimana dirinya (baca Rb. Ali red.) memelihara hasrat yang ada dalam dirinya sebagai seorang pelukis. Hasrat diri yang mewujud dalam bentuk-bentuk lukisan.

Mas Rb. Ali sedang di depan mic untuk memberikan sambutan
Setelah Rb. Ali memberikan sambutan, acara dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi pameran ini, yang ditandai dengan pembubuhan tanda tangan dari Bapak Sutiyoso pada sebuah banner kecil bertajuk nama pameran ini. Ternyata Bapak Sutiyoso mendapatkan kejutan malam itu, karena malam itu Rb. Ali memberikan satu buah lukisan (terpisah dalam 3 kanvas) kepada beliau sebagai kenang-kenangan. Usut punya usut ternyata sosok Rb. Ali  mengetahui bahwa Bapak Sutiyoso ini adalah seorang kolektor dan pecinta lukisan, dan lagi Rb. Ali pun telah lama mengagumi sosok Sutiyoso.


Bapak Sutiyoso tengah memberikan tanda tangan pada poster pameran sebagai tanda pembukaan

Mas Rb. Ali dan Bapak Sutiyoso tengah berpose di depan lukisan kenang-kenangan dari Rb. Ali kepada Bapak Sutiyoso
Setelah acara resmi dibuka, para tamu undangan pun dipersilahkan untuk menikmati lukisan-lukisan karya Rb. Ali yang berjumlah sekitar 40-an lukisan. Hampir sebagian karya yang ditampilkan dalam pameran ini adalah karya-karyanya dari sekitar tahun 2009 sampai tahun 2012.



Beberapa foto suasana di dalam ruang pameran.


Bagi yang penasaran dengan karya-karya Rb. Ali yang menurut saya sangat “eye catching” dengan dominasi warna-warna pastel, silahkan saja datang ke Gd. Galeri Cipta II Taman Izmail Marzuki. Pameran ini berlangsung dari tanggal 20 s.d 28 Oktober 2012, pukul 10.00 – 21.00 setiap harinya.






Beberapa karya Rb. Ali yang saya abadikan lewat foto
Jadi jangan kelewatan ya event pameran ini.
Salam Blogger Reporter....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa komentarnya ya....:))