Rabu, 21 Desember 2011

Resolusi Juara Tahun 2012 #1: Internet dan Impianku Menulis dan Menerbitkan Buku


Tanpa terasa tahun 2012 tinggal hitungan hari lagi. Tepatnya 10 hari lagi kita akan menghadapi pergantian tahun. Meninggalkan tahun 2011 dan memasuki tahun 2012.

Ya, tahun 2012. Tahun yang sudah cukup lama menjadi buah bibir karena berdasarkan info yang santer beredar di internet, dunia akan kiamat pada tahun 2012 ini. Katanya sih tanggal 20 Desember 2012 akan menjadi hari terakhir dari dunia ini. Bagi orang lain 2012 mungkin banyak dikhawatirkan oleh orang lain karena berita itu, tapi buat saya tahun 2012 adalah harapan baru dan cita-cita baru.

Hari-hari terakhir di tahun 2011 ini adalah waktu yang sangat tepat untuk menentukan resolusi apa saja yang ingin saya wujudkan di tahun 2012.

Apa pentingnya membuat resolusi? Hematnya, menurut saya sih resolusi itu sangat penting sekali. Kenapa? Ya karena dengan membuat resolusi, kita jadi memiliki harapan dan semangat untuk bekerja keras dalam mewujudkan resolusi kita tersebut. Idealnya sih seperti itu, tapi kenyataannya banyak orang (termasuk saya mungkin...hehe) yang hanya berhenti pada resolusi saja, tanpa ada semangat atau kerja keras untuk mewujudkannya.

Menulis dan Menerbtkan Buku

"Manusia pasti akan mati. Dengan menulis, kita akan abadi dalam tulisan kita".

Mungkin itu kata-kata yang sangat menginspirasi saya untuk menulis. Kata-kata yang entah siapa yang menyusunnya tersebut saya baca ketik saya iseng membuka internet dan login ke twitter saya. Sejak membaca 2 kalimat sakti tersebut, saya menjadi merenung dan berpikir bagaimana agar saya bisa menulis dan menerbitkan buku. Siapa sih yang tidak ingin menjadi abadi lewat karya (apalagi kalau karya yang kita hasilkan memberi efek positif bagi orang lain).

Saya sebenarnya sudah lama mencintai dunia tulis menulis, tepatnya sejak saya pertama kali diajari oleh guru SD kelas 1 saya untuk menulis "INI IBU BUDI", hehe...ga kok. Ini becanda.
Saya menyukai dunia tulis menulis sejak saya mulai kenal internet dan mulai tahu apa itu nge-blog.
Blog pertama saya berjudul Curhatku Blog saya buat di wordpress.com. Saya pertama membuatnya ketika saya masih jadi mahasiswa semester awal di kampus saya. Kalau tidak salah saya membuatnya ketika saya mengikuti pelatihan internet dan blog. Sampai sekarang sih saya tidak pernah mengupdate-nya, karena judulnya menurut saya sekarang terlalu alay dan ababil. Mungkin kalau saya masih mahasiswa semester awal dan baru pertama membuat blog, mungkin judul blognya jadi "Galauku Blog".hehe..

Setelah Curhatku Blog , saya sempat berhenti menulis dan ngeblog untuk beberapa lama. Mungkin karena kesibukan saya menjadi mahasiswa yang super duper sibuk waktu itu membuat saya tak ada waktu untuk menulis dan ngeblog..(hehe...gak sih. Sebenarnya karena malas dan bingung mau mau nulis apa). Baru sekitar 3 tahun lalu, di semester-semester 5 atau 6, saya mulai nge-blog lagi di "sepenggal-catatan.blogspot.com". Sayang sekali blog saya tersebut sudah saya hapus karena waktu itu saya merasa judul blog saya "Sepenggal Catatan" terlihat terlalu serius (sebenarnya gak sih ya..Ya gak??). Jadi akhirnya, sejak tahun 2009, saya resmi ngeblog di blog keren yang sedang anda baca ini "Kamar Kata". hehe

Hobi ngeblog saya yang mulai saya tekuni dengan serius inilah yang membuat saya ingin bermimpi  untuk menulis dan menerbitkan buku. Siapa sih yang tidak kenal dengan Raditya Dika, Ollie, atau Pocongggg dan beberapa blogger lain yang akhirnya bisa menerbitkan buku, bisa bikin atau main film, dan beragam kesempatan-kesempatan lain yang didapat dari sebuah internet dan blog.

Yup, internet memang banyak memberikan kesempatan dan jalan buat kita untuk meraih impian kita. Apalagi sekarang sudah ada situs self-publishing seperti Nulisbuku.com, dimana seseorang yang ingin menerbitkan buku tinggal mengirim naskah bukunya ke Nulisbuku.com, dan buku kita akan diterbitkan dengan tanpa editan dari seorang editor.

Internet dan Resolusi Juara saya di tahun 2012.
Semoga tercapai....
*menyemangati diri sendiri.....

15 komentar:

  1. Keren om tulisannya...
    Semoga tercapai ya...

    BalasHapus
  2. semoga keinginan jadi penulis buku terkenal kesampaian masbro
    jangan kalah sama raditya, olie dan poconggg
    pocong ajja bisa apalagi manusia hehehe...

    oia salam kenal dengan blog baru saya,
    ditunggu kunjungan balik dan komentar positifnya

    detikQ -
    http://de.tk/6yERb

    BalasHapus
  3. Semangat terus ya nulisnya.. kalo udah jadi kasih kabar sob. Hehe

    Happy Blogging :d

    BalasHapus
  4. keren mas bro.
    salam blogger mantap..speedy speed that you can trust..
    salam kenal.
    ditunggu kunjungan balik dan komentar poitifnya ya..:)

    Ir. Fun - http://www.irfanriady.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. @Cucu Hermawan Makasih kunjungannya sob.... Tenang. Ntar ane bakal pasang iklan di tv kalo ane dah bikin buku. hehe....

    BalasHapus
  7. @Ir. Fun Yup. Speed that you can trust...Mari kita raih resolusi kita dengan internet dari Speedy. Ane maen ke blog agan ya...

    BalasHapus
  8. @Sigit Irmawan Makasih sob kunjungannya... Semoga sukses ya skripsinya... Semangat... Ane kunjungin balik ya

    BalasHapus
  9. hahahaha, sama mas, saya juga ga update blog pertama saya, gara2 agak alay tulisan2nya xD

    BalasHapus
  10. @Resolusiku di Tahun 2012 Haha...Setiap orang pasti pernah menjadi alay. Alay adalah proses menuju kedewasaan..hehe

    BalasHapus
  11. @Fu'additiya Imaspadi Muharam

    Setuju setuju.....
    Internet memang bersisi positif dan negatif, tergantung kita memilih yang mana....Betul kan...
    Berprestasilah dengan internet...

    Siap kunjungan balik....

    BalasHapus
  12. mantap gan, sukses selalu kontesnya

    BalasHapus
  13. @Belajar Komputer Makasih gan kunjungannya....Ane maen balik ya...

    BalasHapus
  14. mari menulis untuk hidup seribu tahun lagi.. .
    baca juga Resolusi Juara 2012 milik saya

    BalasHapus
  15. @khairul arifin

    Amin...
    Mari menjadi abadi lewat tulisan....
    Saya kunjungin balik

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...