Selasa, 15 April 2014

One Day Trip to Cirebon : Wisata Kuliner dan Sejarah (Part 1)

Setelah beberapa waktu yang lalu saya menulis tentang pengalaman saya melancong seharian di kota Bogor, maka kali ini saya ingin menulis pengalaman saya jalan-jalan seharian di kota udang, Cirebon.

Kenapa saya memilih Cirebon sebagai destinasi jalan-jalan saya ini?
Alasannya ya karena saya dan pacar saya ingin jalan-jalan keluar kota Jakarta. Dan setelah searching sana-sini di Google, maka pilihan kami jatuh ke kota Cirebon, sebuah kota di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, yang hanya berjarak sekitar 219 kilometer lebih dari kota Jakarta.

Kami menempuh perjalanan dengan menggunakan kereta api Cirebon Ekspress yang berangkat dari Stasiun Gambir jam 06.00. Untuk kalian yang gadgetnya lowbet terus saking aktifnya buat main Twitter atau Path tidak perlu khawatir, karena di sebelah masing-masing kursi di tiap gerbong sdah ada colokan listrik berisi 2 lubang yang bisa kalian gunakan untuk me- recharge baterai gadget kalian. Setelah menempuh kurang lebih 3 jam perjalanan, sekitar pukul 09.00 kereta yang kami tumpangi berhenti di Stasiun Cirebon.

Dasar memang kami belum pernah ke Cirebon, maka begitu turun di kota ini, kami langsung saja mengeluarkan smartphone kami masing-masing untuk foto-foto di dalam Stasiun Cirebon. Kebetulan di dalam komplek stasiun ini, terdapat beberapa spot yang menarik dijadikan tempat foto-foto, seperti misalnya tandon air bertuliskan Cirebon, atau di antara rel-rel jalur kereta api yang jumlahnya cukup banyak di stasiun ini. Bagian depan Stasiun Cirebon ini juga menarik dijadikan latar belakang foto, karena memang stasiun ini masih mempertahankan arsitektur bergaya art deco ala-ala bangunan Belanda pada umumnya.



  
Bergaya di dalam stasiun (dok.pribadi)

Berjalan keluar stasiun, tujuan pertama kami adalah mencari sarapan pagi. Dan dari hasil googling, maka kami memutuskan untuk mencari sarapan dengan menu khas Cirebon yaitu Empal Gentong.

Empal Gentong Warung Pukul Jabon

Salah satu tempat makan Empal Gentong yang terkenal di Cirebon adalah Empal Gentong Mang Darma, yang berlokasi di dekat Stasiun Cirebon. Sayangnya, karena hari itu adalah hari Pemilihan Umum Calon Legislatif, maka jadilah beberapa warung Empal Gentong di sekitar Stasiun Cirebon tutup. Untungnya masih ada salah satu warung yang buka yaitu warung Pukul Jabon (Pusat Kuliner dan Jajanan Khas Cirebon) yang posisinya di dekat pertigaan depan stasiun.
Rasa empal gentong disini lumayan menurut saya, dibandingkan empal gentong yang saya coba pada saat saya test food katering beberapa hari sebelumnya. Ya mungkin karena ini benar-benar asli Cirebon ya. Buat yang belum pernah tahu apa itu empal gentong, makanan ini terdiri dari daging sapi yang direbus bersama bumbu rempah dan santan. 

Kenapa ada nama gentong-nya?
Ya karena itu tadi, proses memasak daging bersama rempah dan santan dilakukan dengan menggunakan wadah gentong, bukan dengan wajan atau panci. Ini pula sepertinya yang menjadi alasan kenapa rasa empal gentong ini terasa lebih enak dan gurih.

Empal gentong ini disajikan bersama dengan cabe bubuk kering. Hati-hati sekali dalam menambahkan bubuk cabe ini ke dalam empal gentong kalian, karena ternyata rasa bubuk cabe ini sangatlah pedas di lidah dan membuat perut kita panas.

Empal gentong plus bubuk cabe nan pedas (dok.pribadi)


Selain empal gentong, warung Pukul Jabon ini juga menyajikan aneka panganan khas Cirebon seperti empal asem, nasi lengko, nasi jamblang, dll. Di warung ini juga menyediakan jajanan khas Cirebon yang bisa dipilih sebagai oleh-oleh khas, seperti misalnya sirup Tjampolay, aneka kripik, dll.
Rincian harga:
2 empal gentong + nasi putih : Rp. 17.000,-
2 teh manis hangat : Rp. 3.000,-

Usai menyelesaikan ibadah sarapan pagi, kami melanjutkan perjalanan kami menuju Keraton Kasepuhan. Sempat kami ditawarkan untuk menyewa mobil di warung Pukul Jabon, tapi kami tolak dengan alasan menyewa mobil hanya untuk dua orang rasanya sungguh sangat mubazir. Setelah tanya sana-sini, akhirnya kami memilih becak untuk mengantar kami menuju Keraton Kasepuhan.


Jarak dari Stasiun ke Keraton Kasepuhan sekitar 3-4 kilometer dengan biaya jasa becak sebesar
Rp. 20.000, dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit karena saat itu jalan kota Cirebon sepi. Mungkin efek hari libur yang bertepatan dengan pemilihan umum juga. Dari info tukang becak kami, dia bilang bahwa dia juga menawarkan jasa angkut becak ke tempat-tempat wisata di Cirebon seperti Keraton Kasepuhan, Kanoman, Kaprabonan, dan Kacirebonan, lalu ke Gua Sunyaragi, dan Batik Trusmi dengan harga Rp 150.000. Alternatif ini mungkin bisa diambil kalau anggaran kalian berlebih, mengingat setelah dihitung-hitung, ongkos yang kami keluarkan untuk ke Keraton Kasepuhan, Kaprabonan, dan ke Gua Sunyaragi tak sampai sebesar itu.

Oh iya, ada sedikit catatan terhadap tukang becak kami yaitu ketika kami sampai di Keraton Kasepuhan dan membayar ongkos kami sebesar Rp. 20.000, tukang becak kami tak segan untuk meminta tambahan uang kepada kami.

"Tambahin dong. Masa gak ditambahin nih."

Saya tak ingin menggeneralisir semua tukang becak di Cirebon seperti itu, cuma saya hanya ingin agar kalian harus sudah siap jika tukang becak yang kalian tumpangi bersikap kurang sopan seperti itu.

Keraton Kasepuhan

Sebelum memasuki Keraton Kasepuhan, kita diwajibkan untuk membeli karcis masuk seharga            Rp. 8.000 yang dipungut oleh Badan Pengelola Keraton Kasepuhan Cirebon. Dari informasi petugas disitu, Keraton Kasepuhan adalah keraton yang paling "sepuh" yang berarti "tua". Jadi Keraton Kasepuhan ini berusia paling tua dibandingkan ketiga keraton lainnya, yaitu Keraton Kanoman, Keraton Kaprabonan, dan Keraton Kacirebonan.



Begitu kita masuk ke kompleks, area pertama yang akan kita masuki adalah area bernama "Siti Inggil" yang berarti "tanah yang tinggi". Di dalam area ini, bisa ditemukan beberapa bangunan semacam pendopo yang memiliki nama masing-masing. Beberapa yang saya ingat adalah Malang Semirang dan Mande Pengiring. Buat yang memang benar ingin tahu apa arti masing-masing pendopo ini, kalian bisa menggunakan jasa pemandu yang ada di tempat ini (saya kurang tahu berapa tarif jasa pemandu disini). 

Salah satu hal yang saya perhatikan sejak saya tiba di Keraton Kasepuhan ini (dan setelah melihat beberapa bangunan sepanjang perjalanan saya menuju kesini) adalah gaya arsitektur dari gapura dan tembok sekeliling Keraton ini mengingatkan saya akan gaya arsitektur Hindu Bali yang biasa ada di pura - pura di Bali. Lihat saja salah satu foto ini.



Gaya gapura di Bali (sumber: skycrapercity.com)
Bandingkan dengan gambar gapura di atas (dok.pribadi)

Setelah melewati area Siti Inggil, kami menuju ke area museum yang berada di area belakang. Dalam perjalanan menuju ke area museum, kami mengalami kejadian tidak menyenangkan lagi. Salah seorang dari beberapa orang yang berada di jalan menuju stasiun tiba-tiba datang menghampiri kami dan berkata:

" Kemana Mas. Mau saya anterin ke dalam?"

Karena kami memang hanya ingin menikmati jalan-jalan berdua, maka kami pun menolak tawaran Bapak itu. Kami dari awal memang sengaja tidak mau menyewa pemandu karena hanya ingin berdua menikmati perjalanan ini.

Mendengar jawaban tidak dari mulut kami, Bapak itu menjawab:

"Pergi sana. Museumnya tutup. Gak buka."

Kami berdua yang masih kesal dengan kelakuan tukang becak yang tak sopan tadi, akhirnya memilih pergi dari tempat ini karena kecewa dengan adanya Bapak yang menawarkan jasa pemandu tapi memaksa seperti ini. Kami pun dibuat kecewa lagi ketika kami melaporkan kejadian ini ke petugas yang ada di tempat penjualan karcis masuk. Petugas disana hanya meminta maaf dan berulang kali hanya bilang

"Kami minta maaf ya atas kejadian ini. Mungkin itu orang yang menjaga museum. Disini kan kebetulan sedang digunakan juga sebagai tempat TPS, jadi banyak orang yang masuk kesini. "

Ya ya ya. Sayang sekali sebenarnya tempat wisata seperti ini lama-kelamaan akan sepi hanya karena petugasnya tidak responsif dan tidak benar-benar menjaga dan mengedepankan pelayanan terhadap pengunjung yang datang. Seharusnya tempat wisata seperti ini bebas calo dan pemandu liar seperti Bapak yang menawarkan jasa pemanduan dengan memaksa tadi.

Bersambung.....

14 komentar:

  1. #PAKET WISATA CIREBON (1 HARI). *MP, MS, Snack
    TIME DESCRIPTION
    09.00 > > > > Tiba di stasiun Kejaksan, Cirebon (Perkenalan Tour Guide/Leader) SELAMAT DATANG
    09.00 - 09.30 Menuju Nasi Jamblang "Mang Dul / Bu Nur" (Makan pagi)
    09.30 - 10.00 Menuju Gua Sunyaragi (Tour , *12 Gua Batu Karang, 2 Gua yang bisa menuju Mekkah & China, Taman Air)
    10.30 - 11.00 Menuju Keraton Kasepuhan (Tour, *Kereta Singa Barong, Museum, Lukisan bergerak, Tengkorak buaya putih)
    11.30 - 12.00 Menuju Masjid Sang Cipta Rasa (Sholat Dzuhur bagi yang Muslim, *Adzan 7orang, Di bangun oleh Doa 9Wali, Kubah terbang, Pintu Masjid terkecil, 9Pilar Penyangga)

    12.30 - 13.00 Menuju Gallery Lukisan Kaca & Kanvas “Indah Gallery”
    13.30 - 14.00 Menuju Empal Gentong “H Apud” (Makan Siang)
    14.30 - 15.00 Menuju Pabrik Kerajinan Kerang (Tour, *Hiasan dinding, meja kursi, lampu-lampu hias, Souvenir)
    15.30 - 16.00 Menuju Desa Trusmi (Tour, *Batik mega mendung tulis/cap, Shopping)
    16.30 - 17.00 Menuju Toko "Daud" (Tour, *Kerupuk melarat/udang/lambak, Sirup tjampolay, Sambal, Terasi, Oleh-oleh)
    17.30 - 18.00 Kembali ke stasiun Kejaksan, Cirebon “Tour Selesai” (Tour Guide/Leader pamit) SAMPAI BERJUMPA LAGI
    (++Air Mineral Botol 660ml, Kue Tapel *Jajanan asli khas Cirebon yang hampir punah)

    #HARGA PAKET WISATA CIREBON ( 1 HARI )
    Rp 274.900,- (10-14org = 1unit elf pariwisata 11-17 seat)
    Rp 224.900,- (15-19org = 1unit elf pariwisata 11-17 seat)
    Rp 249.900,- (20-24org = 1unit bus pariwisata 29-35 seat)
    Rp 224.900,- (25-29org = 1unit bus pariwisata 29-35 seat)
    Rp 194.900,- (30-34org = 1unit bus pariwisata 29-35 seat)
    Rp 184.900,- (35-39org = 1unit bus pariwisata 35-47 seat)
    Rp 174.900,- (40-44org = 1unit bus pariwisata 47-60 seat)
    Rp 164.900,- (45-49org = 1unit bus pariwisata 47-60 seat)
    Rp 154.900,- (50-54org = 1unit bus pariwisata 60 seat)
    Rp 144.900,- (55-59org = 1unit bus pariwisata 60 seat)
    Rp 134.900,- (60org = 1unit bus pariwisata 60 seat)

    BalasHapus
  2. Mantab mas, Wisata Kuliner dan Sejarah emang menyenangkan. Bisa nambah ilmu, wawasan dan juga pengalaman, dan tentunya perut juga kenyang.

    Numpang info tentang klasemen motogp 2015 ya mas. Thanks.

    BalasHapus
  3. Paket Tour Cirebon Hemat *Keraton Kanoman (Silent Palace)
    #‎TourCirebonHEMAT‬

    ITINERARY
    09.00 - 09.30 Jemput di Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    09.30 - 10.00 Melewati Bangunan Cagar Budaya *Jajanan Khas Cirebon
    10.00 - 11.00 Tour Keraton Kanoman
    11.00 - 12.00 Tour Goa Sunyaragi
    12.00 - 13.00 Makan siang Empal Gentong H. Apud
    13.00 - 14.30 Tour Industry Kerajinan Kerang
    14.30 - 16.30 Belanja di Desa Trusmi Batik
    16.30 - 17.30 Oleh - oleh Khas Cirebon
    17.30 - 18.00 Kembali ke Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    18.00 - Tour Selesai

    HARGA PAKET TOUR CIREBON :
    Rp370.000,- (5 Orang)
    Rp295.000,- (10 Orang)
    Rp245.000,- (20 Orang)
    Rp205.000,- (30 Orang)
    Rp185.000,- (40 Orang)
    Rp165.000,- (50 Orang)
    Rp145.000,- (60 Orang)

    HARGA TERMASUK :
    · ARMADA WISATA, MOBIL / ELF / HIACE / BUS MEDIUM / BIG BUS (AC)
    · TIPS DRIVER, BBM, PARKIR
    · TOUR GUIDE
    · MAKAN PRASMANAN 1X (KHAS CIREBON)
    · JAJANAN PASAR 1X (KHAS CIREBON)
    · AIR MINERAL 600ML
    · HTM OBJEK WISATA
    · LOKAL GUIDE

    RESERVASI & BOOKING :
    PLESIR WISATA GROUP
    0231-324282, 087710663947

    BalasHapus
  4. #PaketTourCirebonHEMAT
    Paket Tour Cirebon Hemat *Keraton Kanoman (Silent Palace)

    ITINERARY
    09.00 - 09.30 Jemput di Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    09.30 - 10.00 Melewati Bangunan Cagar Budaya *Jajanan Khas Cirebon
    10.00 - 11.00 Tour Keraton Kanoman
    11.00 - 12.00 Tour Goa Sunyaragi
    12.00 - 13.00 Makan siang Empal Gentong H. Apud
    13.00 - 14.30 Tour Industry Kerajinan Kerang
    14.30 - 16.30 Belanja di Desa Trusmi Batik
    16.30 - 17.30 Oleh - oleh Khas Cirebon
    17.30 - 18.00 Kembali ke Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    18.00 - Tour Selesai

    HARGA PAKET TOUR CIREBON :
    Rp370.000,- (5 Orang)
    Rp295.000,- (10 Orang)
    Rp245.000,- (20 Orang)
    Rp205.000,- (30 Orang)
    Rp185.000,- (40 Orang)
    Rp165.000,- (50 Orang)
    Rp145.000,- (60 Orang)

    HARGA TERMASUK :
    ARMADA WISATA, MOBIL / ELF / HIACE / BUS MEDIUM / BIG BUS (AC)
    TIPS DRIVER, BBM, PARKIR
    TOUR GUIDE
    MAKAN PRASMANAN 1X (KHAS CIREBON)
    JAJANAN PASAR 1X (KHAS CIREBON)
    AIR MINERAL 600ML
    HTM OBJEK WISATA
    LOKAL GUIDE

    RESERVASI & BOOKING :
    PLESIR WISATA GROUP
    0231-324282, 087710663947

    BalasHapus
  5. share gan..http://cirebonrenthiace.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. http://bintangkusumahtransindo.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. #WisataCirebonBULANPUASA
    Paket Wisata Cirebon *4 Keraton Cirebon

    ITINERARY
    09.00 - 09.15 Jemput di Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    09.15 - 10.00 Wisata Keraton Keprabonan
    10.00 - 11.00 Wisata Keraton Kanoman
    11.00 - 12.00 Wisata Keraton Kasepuhan
    12.00 - 13.00 Wisata Masjid Sang Cipta Rasa (Dzuhur)
    13.00 - 14.00 Wisata Keraton Kacirebonan
    14.00 - 15.00 Wisata Industry Kerajinan Kerang
    15.00 - 16.30 Belanja di Desa Trusmi Batik
    16.30 - 17.30 Oleh - oleh Khas Cirebon
    17.30 - 18.00 Kembali ke Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    18.00 - Wisata Selesai
    *Nasi Jamblang Box + Air Mineral (Untuk buka puasa)

    HARGA PAKET WISATA CIREBON :
    Rp395.000,- (5 Orang)
    Rp380.000,- (10 Orang)
    Rp295.000,- (20 Orang)
    Rp250.000,- (30 Orang)
    Rp240.000,- (40 Orang)
    Rp230.000,- (50 Orang)
    Rp220.000,- (60 Orang)

    HARGA TERMASUK :
    Mobil / Elf / Hiace / Bus Medium / Big Bus (Ac)
    Tips Driver, Bbm, Parkir
    Tour Guide
    HTM Objek Wisata
    Lokal Guide
    Nasi Jamblang Box
    Air Mineral

    RESERVASI & BOOKING :
    PLESIR WISATA GROUP
    0231- 324282, 087710663947

    BalasHapus
  8. Salam kenal Traveller,

    Kami dari DRC Group - Rental Mobil Cirebon, penyedia jasa sewa mobil rental bagi yang ingin berwisata di kota Cirebon. Tersedia unit kendaraan New Avanza Xenia, Innova, Pajero, Fortuner, Hiace, Elf & Bus Pariwisata. Kunjungi :

    Rental Mobil Cirebon | Sewa Rental Mobil Cirebon | Rental Mobil Cirebon Murah | Rental Mobil Cirebon

    Phone : 082318003585

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brp sewa mobil new avanza utk trip 1 hari, start di stasiun kejaksan jam 09.00 sampai balik lg ke stasiun yg sama jam 17.00
      Dg pemumpang 4 org

      Hapus
  9. PAKET : CITY TOUR CIREBON & TOUR CIREBON KUNINGAN 2H1M

    #CityTourCirebon

    ITINERARY
    09.00 - 09.30 Jemput di Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    09.30 - 10.00 Makan pagi Nasi Jamblang Mang Dul / Ibu Nur
    10.00 - 11.00 Tour Keraton Kasepuhan
    11.00 - 12.00 Tour Goa Sunyaragi
    12.00 - 13.00 Makan siang Empal Gentong H. Apud
    13.00 - 14.30 Tour Industry Kerajinan Kerang
    14.30 - 16.30 Belanja di Desa Trusmi Batik
    16.30 - 17.30 Oleh - oleh Khas Cirebon
    17.30 - 18.00 Kembali ke Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    18.00 - Tour Selesai

    HARGA PAKET TOUR CIREBON :
    Rp 400.000,- (5 Orang)
    Rp 325.000,- (10 Orang)
    Rp 275.000,- (20 Orang)
    Rp 235.000,- (30 Orang)
    Rp 215.000,- (40 Orang)
    Rp 195.000,- (50 Orang)
    Rp 175.000,- (60 Orang)

    HARGA TERMASUK :
    ARMADA WISATA, MOBIL / ELF / HIACE / BUS MEDIUM / BIG BUS (AC)
    TIPS DRIVER, BBM, PARKIR
    TOUR GUIDE
    MAKAN PRASMANAN 2X (KHAS CIREBON)
    JAJANAN PASAR 1X (KHAS CIREBON)
    AIR MINERAL 600ML
    HTM OBJEK WISATA
    LOKAL GUIDE

    #TourCirebonKuningan 2H1M

    ITINERARY Hari 1
    09.00 - 09.30 Jemput di Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    09.30 - 10.00 Makan pagi Nasi Jamblang Mang Dul / Ibu Nur
    10.00 - 11.00 Tour Keraton Kasepuhan
    11.00 - 12.00 Tour Goa Sunyaragi
    12.00 - 13.00 Makan siang Empal Gentong H. Apud
    13.00 - 14.30 Tour Industry Kerajinan Kerang
    14.30 - 16.30 Belanja di Desa Trusmi Batik
    16.30 - 17.30 Oleh - oleh Khas Cirebon
    17.30 - 18.00 Menuju Hotel + Check In
    19.00 - 21.00 Makan malam RM Klapa Manis (Menu Sunda)
    21.30 - Kembali ke Hotel

    ITINERARY Hari 2
    07.00 - 09.00 Breakfast di Hotel + Check Out
    09.00 - 10.30 Tour Situs Purbakala Cipari
    10.30 - 12.00 Tour Museum Linggarjati
    12.00 - 13.30 Tour Ikan Dewa Cibulan
    13.30 - 15.00 Makan siang RM Ampera (Menu Sunda)
    15.00 - 16.30 Oleh - oleh khas Kuningan
    16.30 - 18.00 Kembali ke Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    18.00 - Tour Selesai

    HARGA PAKET TOUR CIREBON :
    Rp 1.045.000,- (5 Orang)
    Rp 1.035.000,- (10 Orang)
    Rp 745.000,- (20 Orang)
    Rp 725.000,- (30 Orang)
    Rp 705.000,- (40 Orang)
    Rp 685.000,- (50 Orang)
    Rp 645.000,- (60 Orang)

    HARGA TERMASUK :
    ARMADA WISATA, MOBIL / ELF / HIACE / BUS MEDIUM / BIG BUS (AC)
    TIPS DRIVER, BBM, PARKIR
    TOUR GUIDE
    MAKAN PRASMANAN 4X (KHAS CIREBON + SUNDA)
    JAJANAN PASAR 1X (KHAS CIREBON)
    AIR MINERAL 600ML
    HTM OBJEK WISATA
    LOKAL GUIDE

    Reservasi Booking :
    082127388347, 087710663947

    BalasHapus
  10. Barusan baca karena saya mau ke cirebon pula.
    Terima kasih review nya yaa, buat catatan saya ke cirebon.

    http://octalana.blogspot.com

    Follow balik. :)

    BalasHapus
  11. Buat traveller yg pengen jalan2 dengan motor mengelilingi tempat wisata di cirebon, kami menyediakan sewa motor harian dengan harga terjangkau,, segera hub

    SEWA MOTOR CIREBON
    NO HP : 085724198194
    PIN BB : 54a0e475 (fast respon)

    Let’s chat n booking yaaah,,,

    BalasHapus
  12. Paket Tour Cirebon Murah, Paket Wisata Cirebon Hemat
    harga mulai Rp 215.000/orang
    http://tourcirebon.com/paket-tour-cirebon-1-hari.html

    Paket Wisata Lainnya:
    Paket Wisata Bali 3 Hari 2 Malam (termasuk Tiket Pesawat PP) Harga cuma Rp 1.800.000/orang.
    link: http://tourcirebon.com/paket-wisata-bali-3-hari-2-malam...

    dijamin PALING MURAHH

    Hubungi Kami:
    www.TourCirebon.Com
    Hp./SMS : 0896-3019-0888
    Pin. : 51A57AB7
    Email : admin@tourcirebon.com

    BalasHapus
  13. Wisata Cirebon emang keren keren, sejarah, alam hingga religi semua lengkap dan pada terkenal

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...