Minggu, 08 Desember 2013

Mencari Motor Sport Yang Canggih, Irit dan Advance

“Kamu beli motor dong,yang. Biar nanti kita bisa lebih mudah untuk pergi kesana kemari mengurus pernak-pernik persiapan pernikahan kita. Kan kita bisa lebih irit ongkos dan waktu dibandingkan kalo naik kendaraan umum”.

“Lagian kan kamu tau angkutan umum di Jakarta itu gak aman. Kamu sendiri kan udah tiga kali kehilangan HP di bis”

Perkataan dan nasehat dari pacar saya itulah yang membuat saya akhir-akhir ini berencana untuk membeli sebuah sepeda motor. Sebelumnya di kota kelahiran saya memang saya sudah ada motor, cuma tidak mungkin saya bawa ke Jakarta, tempat dimana saya bekerja dan tinggal sekarang, karena motor itu digunakan untuk keperluan transportasi keluarga saya disana. Jadilah selama ini saya mengandalkan transportasi umum ala kota Jakarta seperti Metro Mini, Kopaja maupun Transjakarta.

Bepergian di Jakarta dengan transportasi umum di Jakarta memang selama ini cukup saya nikmati. Apalagi dengan pertimbangan saya bisa “mencuri waktu” untuk tidur selama di dalam bis atau angkot. Cuma, sejak kejadian saya kehilangan HP dua kali selama perjalanan di bis, saya sekarang menjadi merasa tidak nyaman untuk menggunakan transportasi umum di Jakarta.

“Udah kamu beli motor aja Ben. Daripada HP kamu ilang-ilang terus di bis”

Itulah nasehat teman-teman kantor saya sewaktu saya menceritakan bahwa saya kehilangan HP di dalam bis. Saya pikir ada benarnya juga kalau saya membeli dan menaiki motor ke kantor yang berjarak kurang lebih 10 KM dari rumah kontrakan saya. Toh dengan naik motor saya juga bisa mengirit pengeluaran ongkos transportasi saya tiap bulan.

Awalnya saya ingin membeli motor matik, sesuai saran dan pendapat teman-teman saya. Menurut teman saya, motor matik itu enak dipakai di jalanan Jakarta yang penuh dengan kemacetan dimana-mana. Tapi dasar saya ini generasi “googling-lah sebelum membeli”, maka saya langsung meluncur dan mencari informasi-informasi seputar motor di internet. Berhubung motor yang irit menjadi tujuan saya, maka saya coba masukkan keyword “ motoririt 2013” ke situs mesin pencari, dan muncullah ratusan situs,, baik situs milik dealer atau perusahaan motor maupun blog-blog yang memunculkan kata “motor”, “irit” maupun kata “2013”. Dan dari beberapa situs yang muncul di halaman pertama mesin pencari tersebut, nama “Honda” yang mendominasi situs-situs tersebut. Saya sendiri tak heran sih karena motor Honda memang terkenal dengan keiritan bahan bakarnya. Langsung saja tangan saya meng-klik situs welovehonda.com. Setelah melihat satu persatu jenis motor keluaran pabrikan Honda ini, kok sepertinya hati saya jatuh cinta pada jenis motor bukan matik ya. Apa itu?

Honda CB150R Streetfire


Ya, inilah motor yang membuat saya membuat saya bener-bener mupeng alias "muka pengen" untuk segera membeli dan melupakan keinginan awal saya untuk membeli motor matik.

Dari hasil browsing sana-sini, berikut beberapa fitur unggulan yang membuat saya semakin ingin membeli motor satu ini.

1. Desain Keren dan Sporty

Ini kesan yang pertama kali begitu saya melihat foto dan gambar CB150R Streetfire ini. Desainnya tampak gagah dan sporty, dan juga terlihat sangat anak muda. Untuk pria berusia muda seperti saya ini (26 tahun masih muda kan ya.. :)), motor ini sepertinya akan membuat saya terlihat lebih keren dan gagah, syukur-syukur dilirik oleh banyak cewek.

Dari website Honda, dijelaskan bahwa CB150 R Streetfire ini menggunakan desain baru rangka tipe Truss Frame/Trellis yang inovatif serta diruncang khusus untuk menunjang mesin dan memaksimalan kinerja sistem suspensi Pro-Link sehingga menghasilkan kestabilan, kelincahan serta kenyamanan.

Sudah keren penampilannya, tapi juga stabil, lincah dan nyaman digunakan. Kurang apa lagi coba? :)


Desain rangka CB150R Streetfire (sumber: welovehonda.com)

2. Mesin Irit Bahan Bakar

Kamu percaya motor sport yang sanggup berlari kencang, tapi bahan bakarnya irit? Awalnya saya pun tidak percaya dengan tagline motor Honda ini yaitu "MotorCanggih, Irit dan Advance". Masa si ada motor sport irit. Saya memang bukan ahli mesin, tapi setahu saya kalau sebuah motor itu kencang dibawa lari, pasti butuh banyak banget bahan bakar. Ya diibaratkan saja kamu itu habis lari marathon 10 KM. Otomatis, setelah berlari sejauh itu, maka perut kamu terasa jauh lebih lapar dibandingkan kalau kamu hanya berlari sejauh 1 KM saja.

Nah, untuk urusan mesin, Honda memasang mesin 150cc, 4-langkah, DOHC, 4-Katup, 6-Kecepatan berbasis CBR 150 R dilengkapi teknologi PGM-FI. Inilah yang membuat Honda mendaulat motor ini memiliki performa mesin yang melimpah, akselerasi responsif dan yang paling penting buat saya adalah hemat bahan bakar. Konon si katanya 1 liternya dapat menempuh 36 KM (ECE R40/Euro2 test). Mantappp…

Saya jadi berandai-andai seandainya saya memakai motor ini untuk menembus kemacetan Jakarta. Dengan body yang ramping dan performa mesin yang mantap, saya bisa menyalip dan menerobos di antara jalanan macet Jakarta yang disesaki oleh mobil. Yang jelas sih, pasti saya bisa mempersingkat waktu perjalanan saya dari yang 1,5 jam menjadi 1 jam. Kan lumayan tuh kalau 30 menit saya gunakan untuk melakukan aktivitas lain. Menulis di blog ini misalnya. :)


Mesin CB150 R nan canggih, irit dan advance (sumber: welovehonda.com)
Oh iya, untuk urusan mesin juga, Honda memasang radiator canggih dan advance yang dilengkapi dengan kipas elektrik otomatis yang berfungsi untuk menjaga temperature tetap konsisten di seluruh bagian mesin. Efeknya ya mesin jadi punya tenaga ekstra dan tetap awet.


Liquid Cool with Auto Fan (sumber: welovehonda.com)

3. Suspensi Yang Nyaman

Seperti yang telah saya tulis di atas bahwa CBR150R Streetfire ini dilengkapi dengan suspense Pro-Link. Nah ternyata sistem suspensi yang dipasang di motor ini sama dengan sistem suspensi yang dipasang di CBR 250R. Saya sendiri belum pernah mencoba CBR 250R sih, tapi kata Honda sendiri, sistem suspensi Pro-Link akan membuat tempat duduk terasa lebih lembut.

Fitur ini cocok sekali dengan saya yang memang setelah menikah tahun depan berencana pindah ke daerah Bojonggede yang kondisi jalannya naik turun serta terkadang tidak rata dan berbatu-batu. Pasti (calon) istri saya akan senang dibonceng oleh saya kemana saja dengan motor ini.

Sistem suspensi Pro-Link (sumber: welovehonda.com)

Hayo, siapa yang ngeces melihat segudang fitur canggih yang ada di CB150R Streetfire ini. Saya sih ngebet sekali ingin punya ini. Kalau saya ada uang, saya pasti langsung mengambil varian yang merah alias furious red. Buat yang tidak suka warna merah, kalian bisa juga lho memilih tiga varian lainnya yaitu lighting white, speedy white, dan astro black. Yang mau baca spesifikasi teknis dari motor ini, boleh langsung baca saja disini.


Doa saya, syukur-syukur saya bisa dapat hadiah pertama lomba blog ini dan uang hadianya sebesar 8 juta rupiah bisa langsung saya gunakan untuk DP motor ini. Semoga saja. :)

7 komentar:

  1. Mantap bener nih postingan anda, semoga sukses ya :) hehe
    Di tunggu nih kunjungan baliknya dan mohon beri komentar dan sarannya ya gan...
    http://nurtanio24.blogspot.com/2013/12/honda-power-of-dreams-cb150r-streetfire.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asikkk. Makasih kunjungannya ya kawan...
      Meluncur ke TKP...

      Hapus
  2. halo, salam kenal, sukses ya lombanya. gue juga ikut lomba ini loh, mampir ke http://catatankiting.blogspot.com/ yaaa

    BalasHapus
  3. Ane komentar di urutan yg ketiga,
    semoga kita jadi pemenangnya gan,
    komentar balik ya gan
    http://www.fadlye.com/2013/12/ketangguhan-honda-cb150r-streetfire-ayo.html

    BalasHapus
  4. Iya. Cakep bener yak. Semoga aja kapan-kapan punya motor beginian.

    Meluncur ke TKP...:)

    BalasHapus
  5. Mantap, artikel yang bagus,
    mampir ke blog ku ya
    Follow dan Komentar =))

    Dan baca juga :

    http://halim-pratama.blogspot.com/2013/12/honda-cb150r-streetfire-motor-4-sehat-5.html

    Salam kenal ya =))

    BalasHapus
  6. semoga menang ya sob.. keren dan inspiratif,
    salam blogger..

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...