Sabtu, 30 November 2013

Mari Berkomentar. Don't Be A Silent Reader.

Banyak orang yang tak suka dikomentari oleh orang lain. Seringkali ketika kita mengerjakan sesuatu, dan kita dikomentari oleh orang lain, bahkan teman sendiri, maka kita jadi tidak nyaman dengan apa yang kita kerjakan tersebut. Tak terkecuali dengan diri saya sendiri. Bahkan ketika saya dikomentari oleh orang lain, saya malah lebih sering sakit hati dan berujung hati bersungut-sungut, lalu tanpa sadar hati kecil saya berbicara "hihhh. ngapain si pake komentar segala. Kayak dirinya bener aja".

Pernah merasa seperti itu juga?

Tapi kali ini saya tidak ingin menulis tentang berkomentar dalam konteks tersebut. Yang ingin saya tulis adalah keheranan saya terhadap minimnya komentar dari pembaca blog saya ini.

Jadi begini. Awal keheranan saya ini adalah karena setelah berbulan-bulan saya memantau statistik pada blog saya ini, saya mendapatkan data bahwa blog saya ini rata-rata diakses dan dibaca oleh 100 orang setiap hari. Puji Tuhan memang masih ada yang mau membaca blog saya ini, dan hits counter saya dari tahun 2009 s/d waktu saya menulis tulisan ini adalah 69.867. Namun yang sedikit aneh adalah hingga sekarang, baru ada 271 komentar saja yang ada pada blog saya.

Adakah yang salah?

Mungkin awalnya memang dari saya sendiri. Ketika blogwalking, saya seringkali menemukan artikel yang menarik yang ditulis oleh blogger lain, namun meskipun artikel tersebut menarik, selesai membaca saya tak memberikan komentar  pada artikel tersebut. Ada beberapa alasan yang menjadikan saya malas untuk memberikan komentar, tapi yang sering terjadi adalah karena kolom komentar yang ada di blog tersebut menggunakan captcha atau harus mengisi kode-kode verifikasi. Ya semacam itulah.

Jadi kesimpulannya apa?
Ya di tulisan ini sih saya cuma ingin berjanji untuk berusaha memberikan komentar pada setiap artikel pada blog orang lain yang saya baca. Syukur-syukur, blogger yang tulisannya saya beri komentar, lalu gantian membaca blog saya lalu kemudian memberikan komentar pada blog saya.

Jadi, mari budayakan berkomentar di blog orang lain.
Mariiiiii....:)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...