Sabtu, 14 Desember 2013

Perpustakaan Freedom Institute, Tempat Kopi Darat Paling Seru Di Jakarta Menurut Gue

Seperti apa sih tempat kopi darat paling seru menurut kalian? Ada yang bilang Taman Suropati, ada yang bilang Monas, ada yang bilang kafe ini lah kafe itu lah. Memang setiap orang punya kriteria masing-masing dalam menentukan tempat kopi darat yang paling seru. Mungkin buat yang hobi dengan sejarah, museum adalah tempat kopi darat paling seru. Yang hobi ngopi, sudah pasti sederet pilihan kafe di Jakarta menjadi pilihannya. Nah kalau saya sendiri bagaimana? Seperti apa tempat kopi darat paling seru?

Buat saya yang hobi membaca buku, maka tempat kopi darat yang paling seru syaratnya ya pasti harus ada koleksi buku yang bisa dibaca gratis. Soal tempat, yang pasti sih harus nyaman untuk membaca. Kan ga mungkin juga membaca buku dalam keadaan gelap-gelapan atau basah-basahan (itu pacaran atau nyuci baju tuh.hehe…). Karena saya hobi ngeblog juga (biar kayak teman-teman Kopdar Jakarta :D ), maka hotspot area alias WIFI yang gratis sudah pasti menjadi salah satu syarat sebuah tempat bisa dijadikan tempat kopi darat yang seru. Syukur-syukur, di dekat tempat itu ada kafenya juga, jadi kalo pas lagi tajir (ya sekitaran tanggal 1 tiap bulan lah) bisa gitu “ngopi-ngopi tampan” bersama teman-teman yang cantik. #eh *ditabok pacar*

Memang ada ben tempat kayak gitu?

Ada dong. Dan nama tempatnya adalah Perpustakaan Freedom Institute.

HAHHHH? Tempat apaan itu? Kok aku baru denger?

Perpustakaan Freedom Institute, selanjutnya saya sebut dengan Perpustakaan Freedom, adalah sebuah perpustakaan umum yang terletak di Jalan Proklamasi 41, Jakarta. Buat yang mau kesini, ada beberapa pilihan transportasi. Kalian bisa naik taksi dengan ongkos sangat tergantung darimana kalian berada dan kondisi jalan apakah macet atau enggak (ya iyalah bro.Nenek gue juga tau..). Bisa juga naik bis PPD 213 jurusan Kampung Melayu- Grogol. Terakhir kali naik sih ongkosnya 3 ribu perak.

Yuk mari kita bahas fasilitas apa yang ada di Freedom Institute sehingga saya menobatkannya sebagai tempat kopi darat paling seru versi Om Benny a.k.a saya sendiri.

1. Koleksi Bukunya Mantap


Ini alasan pertama kenapa saya bilang Freedom Institute ini jadi tempat kopi darat paling seru di Jakarta. Pertama kali datang ke tempat ini, saya serasa anak kecil yang dapat hadiah di hari ulang tahunnya (admin Kopdar Jakarta dapat apa ni di ulang tahunnya..hehe). Seneng banget rasanya berada di antara barisan rak-rak penuh buku. Dan yang bikin saya lebih senang adalah karena sebagian besar buku-buku yang ada di tempat ini adalah buku-buku langka yang sulit dicari di pasaran, dan umumnya ditulis menggunakan bahasa Inggris.

Dari informasi yang saya dapat di website resmi mereka di www.freedom-institute.org, hingga April 2008, koleksi buku yang mereka miliki sudah mencapai 11401 eksemplar dengan genre filsafat, agama, sosiologi, politik, ekonomi, studi-studi tentang demokrasi dan transisi ke demokrasi di sejumlah negara, globalisasi, dan sastra. Itu belum termasuk jurnal ilmiah dan majalah-majalah yang juga menjadi koleksi Perpustakaan Freedom ini.

Sayangnya buku-buku disini tidak boleh dipinjam. Ya mungkin karena buku-bukunya yang bersifat langka tersebut. Tapi jangan khawatir, karena meski tidak boleh meminjam, pengunjung diperbolehkan untuk memfotokopi buku yang mereka mau, tentunya melalui fasilitas layanan fotokopi yang ada di tempat ini. Teman-teman blogger Kopdar Jakarta yang masih menyusun skripsi atau tesis tapi malas datang ke tempat sini, bisa juga lho melalui telepon, e-mail, atau yahoo messenger. Informasi cara pemesanannya bisa dilihat di artikel ini. Di zaman smartphone seperti sekarang ini, mungkin saja @XL123 bisa bekerjasama dengan Perpustakaan Freedom untuk membuat aplikasi katalog buku sekaligus pemesanan fotokopi. Kan enak juga, sambil tiduran di rumah bisa pesen fotokopi buku.

Pengumuman Fotokopi. (dok.pribadi)

2. Fasilitas Internet dan Wifi Gratis

Teman-teman Kopdar Jakarta abis baca buku terus mau posting di blog? Bisa banget tuh. Freedom Institute ini menyediakan fasilitas computer yang tersambung dengan internet. Jadi begitu dapat inspirasi dari buku, bisa langsung tuh buat diposting di blog masing-masing.

Tapi aku bawa laptop sendiri kak?

Buat yang bawa laptop sendiri, kalian juga bisa kok menggunakan internet dengan menggunakan WIFI yang juga gratis disediakan. Mau ngetwit dengan smartphone kalian masing-masing juga bisa kok.

Terus kalau WIFI disini lagi mati gimana kak?


Tenang saja. Kalian bisa menggunakan modem kalian masing-masing untuk internetan disini. Provider yang saya rekomendasikan sih pastinya @XL123 karena saya sudah mencoba sendiri internetan menggunakan koneksi HSDPA @XL123 yang super kenceng.

Tapi aku gak punya modem kak?

Ya sudahlah. Baca buku saja dan ga usah internetan. Kan kalian ga mau kan kalo saya jawab "Ya beli dulu sana."

3. Gedung dan Interiornya Keren

Interior di dalam Perpustakaan Freedom ini keren abis menurut saya. Warna-warna kayunya membuat hangat suasana di tempat ini. Di tempat ini juga terdapat bangku-bangku buat teman-teman blogger Kopdar Jakarta ngumpul dan saling berdiskusi.



Rak-rak berjejer penuh buku (dok.pribadi)


Suasana di dalam Perpustakaan Freedom (dok.pribadi)
Buat yang mau narsis, teman-teman Kopdar Jakarta juga bisa foto-foto di salah satu sudut dinding Perpustakaan Freedom juga terdapat foto-foto Presiden RI yang pernah dan masih menjabat, dengan beberapa kutipan dari para pemikir-pemikir terkenal di dunia. Seperti yang ada di foto di bawah ini, bunyi kutipannya adalah “to rule is easy, to govern is difficult” dari Goethe.

Salah satu sudut dinding di Perpustakaan Freedom (dok.pribadi)
Oh iya. Masih satu gedung dengan Perpustakaan Freedom, terdapat Ballroom Freedom Institute. Saya sih ngebayangin bagaimana kalo suatu saat Kopdar Jakarta dan @XL123 bekerjasama untuk membuat semacam workshop atau seminar seputar dunia blogging. Kan banyak tuh ahlinya di Kopdar Jakarta.

4. Dekat Dengan Kafe

Kebiasaan saya kalau abis baca buku adalah makan. Ya mungkin karena otak saya lelah berpikir saat membaca, sehingga memerintahkan perut untuk mencari energi lewat makanan (sok ilmiah banget yakkk..). Nah, buat teman-teman Kopdar Jakarta yang abis diskusi atau baca buku di Perpustakaan Freedom dan merasa lapar atau haus, langsung saja melangkah menuju ke Kafe Proklamasi yang letaknya satu kompleks dengan Perpustakaan Freedom.

Saya sendiri belum pernah makan dan minum di Kafe Proklamasi ini sih (pas kesana pas bokek terus.hehe..), tapi dari luar si sepertinya makanan dan minuman di kafe ini enak. Buktinya banyak sekali yang berkunjung dan nongkrong di kafe ini. Kalau ada teman-teman Kopdar Jakarta atau tim dari yang mau traktir di tempat ini, boleh juga lho kalau ngajak saya.

Yakkk, itu tadi alasan-alasan mengapa saya memilih Perpustakaan Freedom sebagai tempat kopi darat paling seru di Jakarta. Syukur syukur penyerahan hadiah untuk para juara Lomba Blog dalam rangka Ulang Tahun Kopdar Jakarta Ke-5 ini bisa diadakan di Ballroom Freedom Institute ini, jadi teman-teman Kopdar Jakarta dan @XL123 bisa sambil tahu bagaimana keren dan serunya Perpustakaan Freedom yang saya ceritakan tadi. Dan syukur-syukur juga, saya bisa jadi salah satu juaranya. Amin.

Akhir kata, Selamat Ulang Tahun Kopdar Jakarta. Semoga semakin jaya di dunia online offline.

http://kopdarjakarta.com/2013/11/29/lomba-blog-ulang-tahun-ke-5-kopdar-jakarta/#comment-6926


NB:

- Foto-foto di atas merupakan koleksi pribadi saya. Sayangnya beberapa foto yang ada di smartphone saya tidak sempat saya simpan di laptop, dan keburu hilang diambil pencuri.

- Tadinya mau nulis pake kata ganti "gue". Tapi berhubung kenyataannya kata "gue" versi saya terasa medok sekali, jadi akhirnya pake kata "saya" saja.


9 komentar:

  1. aku juga seneng kalau ke sana. betah lama-lama. :')

    BalasHapus
  2. Ini sabi banget tempatnyaaa. Apalagi ayunan yang di depan ituuu :D

    BalasHapus
  3. Hi, mohon ijin berbagi informasi ya… Yuk ikutan #ZockoUnlocked Blogging Competition berhadiah iPhone 5S atau iPad Mini! Untuk info lengkap silakan kunjungi http://weare.zocko.com ya dan jangan lupa sign up di http://www.zocko.com terlebih dahulu! Kami tunggu ☺

    BalasHapus
  4. Disana sudah ada kayak cafe kopi yang pakai mesin kopi gitu gak gan? Mayan lho kalau dibikin bisnis :D

    BalasHapus
  5. Mau tanya dong kak, kalo disana ada power socket alias stop kontak ngga? Lumayan nih kl lg mau ngerjain tugas tp bete di rumah

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...