Rabu, 04 April 2012

Kuliner #8 (Jakarta) : Bakmi Toko Tiga



Jalan K.H Wahid Hasyim memang terkenal dengan wisata kulinernya. Banyak sekali di sepanjang jalan ini berderet toko, warung, restoran, atau kafe yang menjual aneka makanan dengan citarasa masing-masing. Restoran Bakmi Toko Tiga ini salah satunya.

Hal pertama kali yang melintas di pikiran saya ketika diajak ke tempat ini adalah bahwa saya akan makan siang dengan menu serba mie. Saya terbayang restoran yang menyediakan bakmi, mie rebus, mie goreng, ifumi dan beraneka ragam jenis mie lainnya. Ternyata dugaan saya salah, karena selain menyediakan bakmi sebagai menu khasnya, Restoran Bakmi Toko Tiga ini juga menyediakan beragam menu-menu lainnya seperti aneka olahan udang, cumi, ikan, daging, sayur, dll.

Siang itu, saya dan teman-teman kantor saya memesan beberapa menu untuk kami santap bersama. Setelah melihat menu-menu dalam daftar, akhirnya kami memutuskan untuk memesan Gurameh Asam Manis, Buncis Cabe Garam, Sup Asam Pedas, Ifumie, dan pastinya nasi putih. Sebagai tambahan, kami memesan juga pangsit goreng. Untuk minumannya, kami memesan Juice Kacang Ijo dan Juice Alpukat, serta air mineral.

Segera setelah menunggu sekitar 10-15 menit, makanan kami telah siap terhidang di meja. Aroma makanan nan menggoda yang mengepul dari setiap menu yang tersaji membuat kami tak sabar untuk mencicipinya satu persatu.

Gurameh Asam Manisnya terasa pas padanannya di lidah saya, meski sedikit agak manis. Porsinya cukup besar dan bisa untuk dimakan puas bersama untuk 3 orang (buat kami berlima saat itu sih bisa juga, karena kami juga memesan menu lauk lainnnya...). Untuk orang yang tidak terlalu suka makanan yang digoreng tepung dengan alasan keras digigit seperti saya, Gurameh Asam Manis ini terasa lembut digigit.

Gurameh Asam Manis
 Menu selanjutnya yang kami santap siang itu adalah Sup Asam Pedas. Sepintas menu ini mirip dengan tom yam karena isinya yang terdiri dari jamur, bakso ikan yang diolah dalam kuah yang terasa asam dan pedas di lidah. Segar sekali rasanya menyantap kuah asam pedasnya. Sup ini disajikan dalam mangkuk besar yang cukup (atau dicukup-cukupkan...hehe) untuk kami berlima.

Sup Asam Pedas
 Buncis Cabe Garam adalah menu ketiga kami. Menu ini berupa potongan-potongan buncis yang dibalut dengan tepung dan digoreng bersama dengan potongan-potongan cabe rawit. Kulit tepung gorengnya terasa garing, renyah dan gurih, sementara  potongan buncis di dalamnya masih berwarna hijau segar namun sudah matang. Rasa gurih dan asinnya hanya ada di tepungnya, sementara potongan buncisnya memang tidak ada rasanya.

Buncis Cabe Garam
Pangsit goreng disini cukup renyah, meskipun menurut mulut saya masih lebih enak pangsit goreng milik Bakmi GM.Keunggulan pangsit goreng di Bakmi Toko Tiga ini adalah pangsit gorengnya benar-benar segar baru digoreng. Saat pertama disajikan di meja, pangsitnya masih terasa hangat dan sedikit berminyak seperti baru digoreng. Padanannya adalah saus yang disajikan dalam mangkuk kecil terpisah.
Pangsit Goreng
Menu minuman yang kami pesan yaitu Juice Kacang Ijo (saya tidak sempat mencicipi Juice Alpukat milik teman saya....) bagi saya tidak disarankan untuk diminum sebelum makan karena jenis minuman ini benar-benar seperti minum bubur kacang ijo yang diblender. Saya begitu minum juice ini, sedikit banyak membuat perut saya terasa lebih kenyang. Saya sih tidak menyarankan juga karena kalau minum juice ini saja tanpa minum air putih setelahnya, membuat tenggorokan terasa "seret". 

Juice Kacang Ijo

Tidak lengkap kalau saya tidak membahas harga menu-menu di Bakmi Toko Tiga ini. Kebetulan saya sudah memotret daftar menu yang memuat harga di restoran ini. Simak saja foto-foto di bawah ini..


Buat yang berminat mencicip lezatnya masakan-masakan di Bakmi Toko Tiga, segera datang saja ke Jl. KH Wahid Hasyim No. 63-A Gondangdia Menteng Jakarta Pusat DKI Jakarta
(021) 314 0902


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...