Senin, 09 April 2012

Review Acara Behind The Scene Acara Stand Up Comedy Season 2

Bertempat di Kantor Kaskus di Menara Palma Kuningan, saya bersama 20 teman-teman Kompasianer dan 10 teman-teman Kaskuser mendapat kesempatan sebagai orang-orang yang beruntung untuk melihat behind the scene dari pembuatan video profile dan photo session dari Stand Up Comedy Indonesia Season 2.

Acaranya sendiri mundur cukup lama dari waktu yang dijadwalkan semula yaitu pukul 09.00, menjadi mulai sekitar pukul 10.00. Untuk acara pertama, saya dan teman-teman lain diarahkan untuk menuju ruangan yang didalamnya sudah berisi backdrop Kompas TV, sebuah giant screen, dan sebuah mic di tengah-tengah.

Duo MC yaitu Daniel Debow dan Fidel Olala membuka acara dengan cukup meriah. Tak lama setelah acara di ruangan itu dimulai, saya dan 2 orang teman kompasianer lain mendapat giliran pertama untuk melihat pembuatan video profile dari para comic, istilah untuk menyebut orang yang melakukan stand up comedy.


Aksi Daniel dan Fadel beraksi membawakan acara
Lokasi pembuatan video profile para comic sendiri ada di Kantor Kaskus di lantai 11. Kami diajak memasuki ruangan kantor Kaskus yang ternyata benar-benar unik. Saya pun sempat melewati kru Kompas TV dan beberapa comic dari grup 2 yang sedang melakukan photo session di salah satu ruangan Kantor Kaskus yang seperti lapangan golf lengkap dengan rumput sintetis.

Sampai di tempat pengambilan gambar untuk video profile, saya melihat salah seorang comic yang sedang diambil gambarnya. Saya dan teman-teman sempat diberi kesempatan untuk bertanya-tanya kepada comic yang ternyata bernama lengkap Gilang Bhaskara. Saat ini dia sedang duduk di bangku mahasiswa di Bandung. Dia pertama kali open mic di bulan Oktober 2011.

Saya sempat bertanya satu pertanyaan untuk Gilang, “Apakah pada saat pertama kali melakukan open mic, para penonton langsung ketawa?”
“Pada saat open mic pertama justru saya sukses membuat orang-orang tertawa. Namun, di saat open mic kedua justru bisa dibilang tidak sukses, karena orang-orang telah menganggap dia sukses di open mic pertama.”

Tak banyak pertanyaan yang kami ajukan karena tim Kompas TV sudah meminta kami untuk mundur karena Gilang masih harus diambil gambarnya lagi. Tak setelah itu, saya dan teman-teman diajak lagi ke lantai 10 yang ternyata di ruangan yang pertama, para comic sedang melakukan aksi open mic.


Suasana photo session para comic
Pembuatan video profile atau vignet dari salah seorang comic
Saat saya tiba di ruangan open mic, salah soerang comic perempuan bernama Jessica Faolan sedang melakukan open mic di hadapan teman-teman kompasianer dan kaskuser. Selanjutnya secara berturut-turut, para comic grup 1 dan grup 2 yaitu Ari Wibowo, Gilang Bhaskara, Gerry Pamungkas, Boris Manulang, Dika, Ismandi Suryawan, Imoth, Topenk, Agung Hartanto, Yuli, Irawan Rahrdja tampil melakukan open mic. Sayang ada satu comic yang tak sempat saya lihat aksinya.




dari kiri ke kanan : Ari Wibowo, Jessica Faolan,Gilang Bhaskara,Gerry Pamungkas,Borris Manulang
dari kiri ke kanan: (atas) Agung Hartanto,Irawan,Yuli,Topenk (bawah) Imoth,Isman,Dika


Sedikit catatan saya mengenai acara ini:
  • Ada beberapa comic yang menurut saya mengikuti gaya stand up Raditya Dika, sebut saja Gerry dan Gilang. Itu terlihat saat di beberapa gaya becanda mereka, kesan melebay-lebaykan sesuatu dan dengan nada-nada yang menurut saya mirip sekali dengan Raditya Dika.
  • Tema-tema yang diangkat para comic beberapa terdengar klise. Sebagian besar mengangkat "keresahan-keresahan" seputar film,lagu,dan acara tv (terdengar sangat Raditya Dika lagi bukan..."). Memang sih ada beberapa comic yang dengan apik mengangkat tema-tema yang berbeda, seperti misalnya Ari Wibowo yang banyak mengangkat persoalan hukum di Indonesia. Maklum saja, latar belakangnya adalah seorang lawyer dan head of legal division di sebuah perusahaan.
  •  Beberapa comic sudah cukup bagus dalam membangun kedekatan dengan penonton dengan beberapa melakukan riffing. Menurut Pandji Pragiwaksono, riffing adalah ketika seorang comic mengobrol dengan penonton dengan tujuan menggali tawa dari penonton tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...