Jumat, 02 Maret 2012

Liputan Event #5 : Launching Buku "Cerita Sahabat" karya Alberthiene Endah and Friends

Berawal dari undangan gratis dari hasil nge-kuis yang diadain Mba @salsabeela alias Ollie, saya dan teman saya akhirnya memutuskan datang ke launching buku "Cerita Sahabat" di Kinokuniya, Plaza Senayan, tanggal 1 Maret 2012 jam 5 sore.

Cerita Sahabat adalah buku kumpulan cerpen dari Alberthiene Endah dan 11 penulis lainnya. Mereka adalah Alexander Thian, Faye Yolody, Tjhai Edwin, Verry Barus, Rahne Putri, Dillon Gintings, Chicko Handoyo Soe, Jia Effendie, Rendy Doroii, Ollie, Faizal Reza, dan tentu saja Alberthiene Endah sendiri.
Ide awal buku ini adalah dari mba Alberthiene Endah, dimana dia merasa bahwa banyak sekali penulis berbakat yang ia temukan dalam twitter. "Banyak sekali kata-kata indah yang tercipta dalam 140 karakter di twitter", begitu kata Mba Alberthiene.
Cerita menarik dari di balik pembuatan buku ini adalah saat mba Alberthiene Endah pertama kali mengajukan ide pembuatan buku ini ke pihak Gramedia. Pihak Gramedia awalnya menolak ide dari Mba AE, panggilan singkat untuk Alberthiene Endah, karena di Gramedia sendiri sepanjang sejarah belum pernah ada buku kumpulan cerpen yang laku, bahkan terdengar gaungnya saja tidak. Namun karena kegigihan Mba AE meyakinkan Gramedia, buku Cerita Sahabat ini akhirnya bisa diterbitkan dan sukses di pasaran. Buku yang kemarin saya terima saja sudah cetakan ketiga, padahal buku ini baru beredar di pasaran pada Desember tahun 2011.

Pada saat sesi tanya jawab, saya sempat mengajukan satu pertanyaan ke Mba AE. 
Saya bertanya:
"apakah dalam proses pembuatan buku ini, Mba AE melakukan proses kurasi terhadap cerpen-cerpen yang akan dibukukan?"

Jawaban dari Mba AE (kalo tidak salah ingat..hehe)
"Untuk buku ini, saya menggunakan intuisi dalam memilih-milih cerpen yang akan dibukukan. Dan memang, cerpen-cerpen yang masuk dari sahabat-sahabat saya ini bagus-bagus. Tapi memang untuk proyek sejenis selanjutnya, saya akan semakin menyeleksi cerpen yang akan dibukukan. Saat ini sendiri, saya sedang akan mengumpulkan cerpen-cerpen dari para pekerja profesional di berbagai bidang pekerjaan "

Berikut foto-foto yang saya ambil disana.


 

 
Foto bersama idola saya, Erdian Aji alias Anji

4 komentar:

  1. Haiii...iseng googling eh ada review dari kamu... Thanks ya sudah review Cerita Sahabat....
    eniwei dpt tanda tangan semua gak..? termasuk dari saya..?? hehheheh

    BalasHapus
  2. @Very Barus:

    Wah, bangga sekali ni dapet komentar dari salah satu penulis di Cerita Sahabat.
    Ada satu yang ga dapet bang, yaitu Mas Dillon Gintings..hehe..Yg lain si dapet semua bang..
    Titip salam buat Rahne Putri ya bang. Saya ngefans ama neng Rahne ini..hehe

    BalasHapus
  3. @windi teguh:

    Haha..Siap tau bisa diajak nulis ama Mba Alberthiene Endah wind...hehe
    Namanya juga usaha..

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...