Minggu, 22 Juli 2012

Review Buku: Berjuta Rasanya dari Tere Liye

Judul Buku : Berjuta Rasanya
Penulis : Tere Liye
Penerbit: Mahaka Publishing
Jumlah halaman: 205 halaman
Terbit: Mei 2012

Jujur saja, saya ini awalnya tak tertarik sama sekali dengan buku-buku karangan Tere Liye, padahal saya belum pernah sama sekali membaca buku-buku karangannya. Dari dulu, begitu mendengar kata Tere Liye, pikiran saya langsung tertuju pada sosok seorang penulis wanita dengan cerita cinta yang "menye-menye", penuh kesedihan, dan bertele-tele dengan alur cerita yang membosankan. Tapi ternyata anggapan dan persepsi saya hancur sudah begitu membaca buku Tere Liye "Berjuta Rasanya" ini. Dan persepsi saya yang sangat sangat salah adalah anggapan bahwa Tere Liye adalah cewek. Karena ternyata, Tere Liye itu adalah seorang cowok.

Buku ini merupakan sebuah buku kumpulan 15 cerita pendek karya Tere Liye dengan benang merahnya yaitu "Cinta". Tapi jangan khawatir, karena tema besarnya adalah Cinta, tapi cerita-cerita cinta disini banyak memberi pandangan mengenai cinta dari berbagai segi. Hebatnya lagi, setiap cerita banyak sekali memberi renungan dan refleksi akan apa itu cinta.

Ada kisah tentang gadis yang ingin menjadi gadis tercantik di dunia dalam cerita Bila Semua Wanita Cantik. Ada kisah cinta yang penuh dengan rasa malu-malu kucing dalam Hiks, Kupikir Kau Naksir Aku, Antara Kau dan Aku, Kutkan Kecantikan Miss X - I dan 2. Ada pula cerita tentang bagaimana sebuah kota dengan banyak orang pintar dalam mengatasi permasalahan semakin sedikitnya jumlah penduduk dalam Cintanometer dan LOVE Ver 7.0 & MARRIED Ver. 9.0.

Cerpen favorit saya dalam buku ini adalah Kupu Kupu Monarch, sebuah kisah cinta tentang bagaimana seorang istri rela memotong kakinya demi menyembuhkan penyakit suaminya, namun pada akhirnya ketika sudah sembuh, sang suami meninggalkan istrinya tersebut. 

Favorit saya lainnya adalah Harga Sebuah Pertemuan, sebuah cerita psikopat tentang seorang gadis yang rela membunuh seluruh anggota keluarganya hanya demi menjumpai seorang pemuda misterius yang pertama kali datang ke pemakaman ayahnya. Oleh karena itu ia gadis itu rela membunuh ibunya, dan seluruh saudaranya dan berharap pemuda tersebut akan datang ke setiap pemakaman mereka.

Secara keseluruhan buku ini mendapat nilai 8 dari saya, meski kata teman saya yang fans berat Tere Liye, buku ini baginya cuma mendapat nilai 6,5. Tapi bagi saya, yang notabene baru pertama kali membaca buku karya Tere Liye, buku ini sudah cukup sedikit memberi gambaran gaya tulisan Tere Liye yang sederhana dan mudah dicerna, tapi penuh makna dan filosofi yang dalam.

Selamat membaca..

3 komentar:

  1. Ohh, kumpulan cerpen gitu ya isinya, Bun? abis baca bukunya Tere Liye ini, skarang kamu lagi baca buku apalagi, Bun? kamu rajin baca dan rajin bikin review ya, hehehe.. beda banget sama aku ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mer.Kumpulan cerpen gitu.
      Sekarang si baru nyelesein bukunya Adenita yang 23Episentrum. Jadi belum ada buku bacaan lagi..*boleh juga kalo mau minjemin*
      Kenapa aku ngreview buku?
      Niatnya si pengen ngreview gadget mer.Tapi berhubung mahal, jadilah ngreview buku dan tempat makan aja dulu.hahaha..
      Tapi soal rajin nulis, ya aku masih kalah lah..hehe

      Hapus
  2. hebat ya karya tere liye. novelnya selalu jadi incaran pecinta novel

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...