Rabu, 25 Juli 2012

8tracks, Dengarkan Musik sesuai Mood Kita


Sejak menggunakan HP berbasis Android, saya rajin sekali mengeksplorasi LG Optimus Hub saya ini. Termasuk diantaranya adalah mengunduh dan menjajal aplikasi-aplikasi yang ada di Play Store-nya Google. Dan asiknya adalah karena begitu banyak aplikasi-aplikasi keren yang bisa diunduh gratis langsung dari HP Android saya. Dan salah satu aplikasi Android favorit saya adalah 8tracks yang merupakan aplikasi resmi dari situs 8tracks.

8tracks ini adalah situs dimana kita bisa membuat playlist alias daftar lagu-lagu favorit kita. Jadi kita membuat semacam mixtape yang berisi lagu-lagu favorit kita. Mendengar istilah mixtape membuat saya mengenang pada saat masa-masa keemasan kaset dulu, dimana dulu saya sering datang ke Toko Kaset untuk minta direkamkan lagu-lagu pillihan saya dari bermacam artis ke dalam satu kaset.

Satu hal yang paling saya suka dari situs ini adalah karena saya bisa mendengarkan lagu-lagu sesuai dengan mood saya. Yang sering saya lakukan yaitu mencari mixtape dengan kata kunci "sleeping" dan "relaxing" untuk mencari mixtape untuk menemani saya beristirahat di malam hari. Uniknya adalah karena seringkali ternyata playlist yang saya pilih tersebut memainkan lagu-lagu yang belum pernah saya kenal atau dengar.

Untuk yang mau mencoba 8tracks, bisa langsung saja buka www.8tracks.com. Nanti tampilan yang akan muncul di layar adalah seperti ini


Nah, untuk mendengarkan playlist yang  kita cari sesuai mood, kita tidak perlu untuk melakukan pendaftaran atau sign-up. Kita cukup mengetikkan kata kunci yaitu mood, genre, atau artis sesuai dengan pilihan kita. Dan nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Untuk contoh di bawah ini saya menggunakan kata kunci "sleep".


Setelah muncul tampilan seperti ini, kita tinggal memilih salah satu dari playlist yang ada. Dan setelah kita pilih salah satu, maka akan muncul tampilan seperti ini. Contoh dibawah ini saya memilih playlist yang berjudul Free Falling.


Dan, setelah muncul tampilan di atas, kita tinggal mengklik lambang "play" , dan mulailah menikmati setiap lagu yang diputar. Bila kita tidak suka dengan lagu yang diputar, kita bisa men-skip ke lagu berikutnya, namun dengan batasan beberapa kali skip setiap jamnya.

Untuk aplikasi Androidnya memang tidak selengkap dibanding dengan situs webnya. Lewat aplikasi gratisannya ini kita hanya bisa mendengarkan playlist-playlist lagu yang sudah ada, baik yang kita  maupun yang orang lain buat. Kita tidak bisa membuat playlist kita sendiri langsung dari aplikasi ini, kecuali jika kita mendownload aplikasi versi berbayarnya yang disebut 8tracks Plus, seharga $ 25 untuk langganan selama 6 bulan, ditambah 14 hari untuk trialnya.

Selain Android, aplikasi 8tracks juga tersedia untuk pengguna iPhone. Saya kurang tahu untuk versi iPhone-nya karena memang saya belum pernah mencobanya. 

Jadi, kalau mau mencoba mendengarkan musik sesuai dengan mood kita, cobalah buka situs 8tracks.com.

Selamat mencoba.

1 komentar:

  1. aplikasinya gratis, tapi mendengarkan lagunya bagaimana.. ? :D

    BalasHapus

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...