Jumat, 13 Juli 2012

Kelas Komunikasi Positif bersama @farhandeltafm dan @akberJKT

Mas @farhandeltafm sedang menyampaikan materi di depan kelas

Bertempat di R.R Delima Graha Citra Caraka Lt. 6 PT. Telkom Indonesia, Kelas Akademi Berbagi @akberJKT kali ini berbicara tentang Komunikasi Positif. Dan beruntungnya, yang menjadi guru untuk Kelas Komunikasi Positif ini adalah Mas Farhan (@farhandeltafm), seorang MC dan penyiar kondang, yang memang sehari-harinya mempraktekan Komunikasi Positif tersebut.

"Komunikasi adalah tentang understanding"
Itulah inti dari sebuah komunikasi positif menurut Mas Farhan. Jadi, dalam sebuah komunikasi, pemahaman atau understanding harus tercipta di antara dua orang atau lebih yang sedang berkomunikasi. Jika tidak tercipta understanding, maka yang terjadi di antara dua orang atau lebih tersebut hanya sebuah interaksi, bukan komunikasi. Seorang hanya saling memberikan respon tanpa ada pemahaman satu dengan yang lainnya.
Selanjutnya, Mas Farhan menceritakan bahwa dalam Komunikasi Positif, sebenarnya hanya ada tiga hal yang harus kita lakukan, yaitu open mind, open heart, dan open will.

Dalam open mind, ada tiga hal yang harus kita lakukan, yaitu suspend judgement, face the fear, dan  avoid cynicsm. Berikut penjelasannya:
  1. Suspend judgement artinya bahwa ketika kita bertemu dengan orang atau hal baru, kita harus sebisa mungkin menahan diri untuk tidak memberi semacam early judgement kepada orang atau hal tersebut. Coba untuk tidak memberi penilaian sebelum kita benar-benar mengenal dan mengerti orang atau hal baru tersebut.  
  2. Face the fear artinya adalah kita harus menghadapi ketakutan. Ketakutan disini bukanlah ketakutan terhadap hantu atau sejenisnya, tapi ketakutan akan sebuah perubahan. Seringkali memang kita takut untuk berubah karena kita merasa takut akan resiko dari perubahan tersebut.
  3. Avoid Cycnism artinya bahwa kita harus menghindari sinisme dari orang lain terhadap ide atau pemikiran kita. Mengapa kita harus menghindarinya? Agar semangat kita untuk mewujudkan ide atau pemikiran tersebut tidak terganggu.
Setelah open mind, hal kedua yang harus dilakukan dalam Komunikasi Positif adalah open heart. Menurut Mas Farhan, ada tiga hal pula yang perlu diperhatikan ketika berbicara tentang open heart, yaitu:
  1. Listening yaitu mendengarkan. Ketika menjelaskan mengenai listening ini, Mas Farhan menggunakan contoh dirinya sendiri yang berprofesi sebagai penyiar. Beliau mengatakan bahwa seorang penyiar itu seharusnya banyak berbicara dan cerewet hanya pada saat siaran. Di luar itu, seorang penyiar harus banyak-banyak mendengarkan agar dia dapat mengerti apa yang diinginkan oleh pendengar radionya. Ketika dijelaskan mengenai listening ini, saya jadi langsung kepikiran dengan iklan salah satu asuransi di Indonesia. Bukan ingat produknya, tapi dengan slogannya yang berbunyi "always listening,always understanding".
  2. Sensing yaitu merasakan. (saya lupa tidak mencatat untuk sensing dan observing ini. Maaf).
  3. Observing yaitu mengamati.(saya lupa tidak mencatat untuk sensing dan observing ini. Maaf)
Hal ketiga setelah open mind dan open heart adalah open will, yang juga terdiri dari 3 hal yang bisa dilakukan:
  1. Planning yaitu membuat rencana dan patuh terhadap rencana yang kita buat.Ada hal menarik ketika Mas Farhan menjelaskan mengenai orang-orang Indonesia yang langganan menjadi juara dalam kontes-kontes business plan di dunia internasional, namun kebingungan ketika ditanya mengenai implementasi dari business plan tersebut.
  2. Prototyping alias membuat sebuah prototype sebelum mengeksekusi ide atau pemikiran kita secara luas. Mas Farhan menjelaskan dengan sebuah contoh bahwa seringkali beliau melakukan prototyping untuk menguji materi joke yang akan digunakan secara luas. Prototyping bisa dilakukan dengan mengujicobakan ide, pemikiran, ataupun joke kita kepada teman terdekat, istri/suami, atau sahabat sebelum kita menyebarluaskannya kepada masyarakat yang lebih luas.
  3. Innovating yaitu inovasi. Menurut Mas Farhan, inovasi itu tidak harus membuat sesuatu yang beda atau sesuatu yang baru. Hal yang paling penting dalam inovasi adalah kita bisa memberikan nilai tambah terhadap barang atau sesuatu yang sudah ada sebelumnya. 
Secara keseluruhan, kelas @akberJKT kali ini benar-benar menarik. Apalagi Mas Farhan mampu bercerita mengenai Komunikasi Positif dengan menggunakan contoh contoh nyata yang beliau temui maupun lakukan dalam kehidupan sehari-hari beliau. Menarik sekali.

Kelas @akberJKT tanggal 12 Juli 2012 ini menjadi kelas terakhir sebelum masa liburan @akberJKT selama bulan puasa. Kelas berikutnya akan diadakan di bulan September, sekaligus perayaan 2 tahun @AkademiBerbagi.


Selamat Berbagi.
Karena Berbagi Itu Bikin Happy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...