Jumat, 01 Juni 2012

Kelas #FlashWriting Akademi Berbagi Jakarta bersama @bangaip , 31 Mei 2012

Kelas Flash Writing ini menjadi kelas kedua saya di @akberjkt͵ setelah dulu saya pertama kali ikut pada saat acara Ngerumpi Days Out sekitar 2 bulan yang lalu.

Bertempat di AmWay Indonesia͵Wisma BNI Lt.26͵ kelas kali ini dihadiri sekitar 30 orang.Tadinya sempat bingung juga karena saya datang ke kelas sendirian.Lebih tepatnya takut dicuekin dan tidak nyaman.Namun ternyata saya salah.Teman-teman yang hadir di kelas dan panitia ternyata begitu ramah dan hangat.

Kelas kali ini diisi oleh @bangaip yang ternyata memiliki segudang pengalaman dalam tulis menulis. Dia pernah menulis untuk berbagai media͵ bahkan untuk beberapa perusahaan yang membutuhkan keahliannya.Saat ini dia bekerja di salingsilang.com.

Sesi ini dibuka dengan mengajak teman-teman peserta untuk membuat sebuah tulisan pendek terkait dengan gambar yang ditampilkan di layar presentasi. Yang menjadi susah adalah karena waktu yang diberikan untuk membuat sebuah tulisan adalah 1 menit. Alhasil͵ tulisan-tulisan yang dibuat oleh para peserta pun ada yang hanya satu kalimat saja͵meskipun beberapa memang ada yang mampu merangkaikan beberapa kalimat dalam waktu yang menurut saya begitu sempit.

Segera setelah waktu 1 menit habis͵ 3 orang teman akberian diminta membacakan tulisan yang mereka hasilkan dalam waktu 1 menit tersebut. Setelahnya͵ @bangaip mengomentari setiap tulisan yang dihasilkam tersebut.
S
Untuk materi yang diberikan sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak karena @bangaip sendiri memang menginginkan agar kelas ini tidak terlalu banyak materi͵ tapi.lebih banyak ke praktek menulis seperti yang telah saya tulis di atas. Sebut saja total 12 gambar͵ diantarannya apel merah͵ bulan sabit͵ bulatan kuning͵ secangkir kopi͵ dll. Dari setiap gambar tersebut

Beberapa materi yang saya sempat catat adalah:
  • Flash Writing memiliki tiga kegunaan:
    • Bagi seorang pemula yang ingin belajar menulis, flash writing dapat berguna sebagai sarana bagi kita untuk berlatih menulis.
    • Bagi seorang penulis yang sering merasa kesulitan untuk memulai sebuah tulisan, flash writing ini dapat digunakan sebagai sarana untuk menggali ide ataupun tulisan pembuka bagi tulisan besar yang ingin kita tulis. 
    • Bagi seorang penulis yang sering merasa buntu atau mengalami writer's block di tengah-tengan tulisan, maka flash writing ini dapat digunakan sebagai sarana untuk menyegarkan pikiran kita. Tips tambahannya adalah buatlah sebuah flash writing dengan ide yang berbeda dengan tulisan yang membuat kita mengalami writer's block. 
  • Untuk dapat menulis dengan baik͵ menurut @bangaip kita hanya perlu untuk mengembangkan 4 kemampuan berbahasa kita͵yaitu mendengar͵berbicara͵membaca dan menulis. Jika kita mampu menjadi pendengar yang baik͵ maka kemungkinan besar kita dapat menulis dengan baik͵karena dengan menjadi pendengar baik, maka kita dapat mengetahui apa yang orang lain inginkan, dan apa yang dirasakan orang lain. Begitu juga apabila kemampuan membaca dan berbicara kita, maka kemungkinan kemampuan menulis kita berpotensi untuk semakin berkembang.... (Kalo ga penjelasan saya membingungkan, mungkin karena kemampuan mendengar saya agak kurang.hehe...)

  • 5 tips menulis yang baik versi @bangaip yaitu Show, Don't tell, add the details, simple, direct dan active.
    • Show, Don't tell, artinya saya lupa...hehe..Maap
    • Add the details, artinya tulisan kita perlu kita tambah detail-detail yang berguna agar pembaca semakin mengerti tentang apa yang sedang kita sampaikan lewat tulisan.
    • Simple, artinya tulisan yang kita buat meskipun banyak menggunakan detail, tapi tetap harus sederhana cara penyampaiannya. Jangan sampai menggunakan kata-kata yang terlalu teknis atau "bahasa dewa" yang malah akan membingungkan pembaca kita.
    • Direct, artinya tulisan yang kita sampaikan harus bisa langsung menyampaikan pesan yang ingin disampaikan. Jangan bertele-tele dan berputar-putar dalam menyampaikan pesan.
    • Active, artinya buatlah tulisan dengan banyak menggunakan kalimat aktif karena itu akan lebih mudah membuat pembaca menangkap pesan yang kita sampaikan.
Berikut foto-foto yang saya ambil dalam kelas kali ini.


@bangaip sedang menjelaskan materi

Suasana kelas

Suasana Kelas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...