Senin, 25 Juni 2012

Kebersihan Kereta Berawal dari Alat Pelubang Tiket

Karena kebersihan kereta bisa dimulai dari hal-hal yang kecil.

Jadi mulanya begini. Kemarin saya pulang ke Purwokerto dengan menggunakan jasa angkutan kereta api. Seperti biasa, setiap penumpang akan diperiksa oleh kondektur untuk memastikan bahwa penumpang yang naik kereta adalah penumpang yang telah memiliki tiket sesuai dengan kereta yang dinaikinya.Nah, saat kondektur memeriksa tiket penumpang͵ dia akan melubangi tiket penumpang dengan menggunakan semacam alat pelubang. Awalnya semua berjalan tanpa ada pikiran aneh di otak saya.Tapi segera setelah melihat ke lantai tempat kondektur tadi melubangi tiket penumpang͵ saya melihat kertas2 sisa hasil alat pelubang tiket penumpang tsb. Dan lantai yang tadinya bersih menjadi terkotori oleh sisa kertas tersebut.

Yang saya maksud dengan kertas hasil alat pelubang tiket

Seharusnya͵ slogan bersih itu sehat yang tertempel di dalam kabin kereta juga harus menjadi tanggung jawab PT.Kereta Api Indonesia. Dan hal-hal kecil seperti alat pelubang kertas tersebut bisa diperhatikan guna menjaga kebersihan kabin kereta. Karena menurut saya sayang saja jika lantai gerbong yang memang sejak berangkat dijaga agar bersih, terpaksa diceceri oleh potongan kertas hasil proses pelubangan tiket yang dilakukan kondektur.

Stiker slogan Jagalah Kebersihan yang tertempel di kabin kereta
Solusi paling mudah menurut saya adalah perlu memodifikasi alat pelubang kertas tersebut sehingga alat pelubang kertas tersebut dapat memiliki semacam tempat penampung untuk kertas2 hasil melubangi tiket penumpang. Dengan begitu kertas hasil proses melubangi kertas tersebut tidak jatuh berserakan di lantai kabin kereta. Bukankah itu cara sederhana untuk menjaga kebersihan di dalam kabin kereta.

Contoh alat pelubang kertas yang memiliki tempat penampung kertas sisa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...