Senin, 29 Juni 2009

Tiga Belas

Oleh : Robertus Benny Murdhani

Apa yang terpikir di pikiran seseorang ketika menyebut angka 13 tahun??

Saya yakin orang akan berpikir tentang kesialan. Angka 13 memang sudah lama melekat dengan kesialan. Ada banyak cerita yang mungkin mendasari kenapa angka 13 disebut angka sial. Ada yang menganggap angka 13 sebagai angka setan dan merupakan bagian dari ritual tertentu untuk menyembah setan. Coba saja search di "google" dengan kata kunci "sejarah tiga belas angka sial". Akan banyak bermunculan banyak artikel-artikel yang terkait dengan hal itu. Berikut saya cuplik dari situs ini.

Mengapa angka 13 dianggap angka yang membawa kekurang-beruntungan? Sebenarnya, kepecayaan tahayul dan aneka mitos yang ada berasal dari pengetahuan kuno bernama Kabbalah. Kabalah merupakan sebuah ajaran mistis kuno, yang telah dirapalkan oleh Dewan Penyihir tertinggi rezim Fir’aun yang kemudian diteruskan oleh para penyihir, pesulap, peramal, paranormal, dan sebagainya—terlebih oleh kaum Zionis-Yahudi yang kemudian mengangkatnya menjadi satu gerakan politis—dan sekarang ini, ajaran Kabbalah telah menjadi tren baru di kalangan selebritis dunia. Penyisipan simbol angka 13 terbesar sepanjang sejarah manusia dilakukan kaum ini ke dalam lambang negara Amerika Serikat. The Seal of United States of America yang terdiri dari dua sisi (Burung Elang dan Piramida Illuminati) sarat dengan angka 13. Inilah buktinya: -13 bintang di atas kepala Elang membentuk Bintang David. -13 garis di perisai atau tameng burung. -13 daun zaitun di kaki kanan burung. -13 butir zaitun yang tersembul di sela-sela daun zaitun. -13 anak panah. -13 bulu di ujung anak panah. -13 huruf yang membentuk kalimat ‘Annuit Coeptis’ -13 huruf yang membentuk kalimat ‘E Pluribus Unum’ -13 lapisan batu yang membentuk piramida. -13 X 9 titik yang mengitari Bintang David di atas kepala Elang.

Tapi  apa benar angka 13  selamanya sial. Coba saja berpikir, berapa rata- rata umur seorang anak memasuki usia puber?? 13 bukan. Pada umur 13 lah, rata-rata anak mulai memasuki masa pubertas. Masa dimana terjadi peralihan dari masa anak-anak ke masa remaja. Masa dimana terjadi perubahan-perubahan seperti anak-anak  perempuan mulai mendapatkan menstruasi, anak laki-laki mulai berubah suaranya, dll. Bukankah itu suatu hal yang baik dan sama sekali bukanlah sebuah kesialan.

Atau contoh lain adalah pengalaman yang baru hari ini saya alami. GAJI 13.

Yap, hari ini orang tua saya mendapatkan gaji ke-13. Gaji 13 adalah sejumlah uang yang diberikan kepada PNS dan pensiunan dengan jumlah sebesar gaji bulanan tanpa potongan. Ya ibaratnya ada bulan ke-13 setelah bulan Desember.Bagi orang tua saya, uang ini sangat membantu. Untuk membayar utang, tagihan ini itu dan sebagainya sehingga dalam waktu beberapa hari saja, uang itu telah ludes. Ah sudah ah, jangan terlalu banyak tentang orang tua saya. Yang saya tekankan disini kan bahwa angka 13 tidak selalu identik dengan kesialan bukan.

13 sama seperti angka-angka lainnya seperti 12, 14, 15 , dll. Toh, setahu saya yang pengetahuan agamanya rendah, Tuhan pun tidak pernah menyebut angka 13 sebagai angka yang terkutuk. Kalau terkutuk, pasti Tuhan sudah menghapus angka 13 di semua hal di seluruh dunia ini. Benar tidak???




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...