Senin, 04 Maret 2013

Kelas #akberJKT “Industri Animasi” bersama Mas Wahyu Aditya (@maswaditya)


Mas Wahyu tengah menerangkan materi. (dok.pribadi)

Kamis, 28 Februari 2013, yang lalu, @akberJKT kembali mengadakan kelas rutinnya yang terakhir di bulan Februari. Kali ini, Mas Wahyu Aditya (@maswaditya), yang dengan sukarela menjadi guru untuk kelas #akberJKT kali ini. Bertempat di Gedung Berdikari Lt. 3 Univ. Moestopo, Mas Wahyu berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan garis besarnya yaitu “Industri Animasi”.

Kelas dimulai tepat pukul 19.00 WIB. Segera setelah dibuka oleh relawan @akberJKT, Mas Wahyu pun mengambil alih waktu yang sudah diberikan. Satu per satu murid dan relawan yang datang malam itu diminta untuk berkenalan. Mereka diminta untuk menyebutkan nama dan latar belakang pekerjaan atau studi. Sembari mendengarkan perkenalan dari para murid dan relawan, Mas Wahyu ternyata melakukan livesketching dengan menggambar wajah setiap orang yang sedang berkenalan. Keren.. *jempol*

Setelah semua orang berkenalan, terlihat bahwa kelas ini ternyata tidak hanya diminati oleh para praktisi yang bergerak di bidang animasi atau multimedia, tapi juga diminati oleh orang-orang yang bekerja atau belajar di bidang lain.

Usai sesi perkenalan, selanjutnya beragam materi mulai dibagikan oleh Mas Wahyu.

Berikut beberapa catatan pendek yang sempat saya tulis sepanjang kelas ini:
  • Definisi animasi menurut Mas Wahyu adalah sebuah ilusi yang terjadi karena susunan tampilan dari gambar statis.Animasi tidak hanya bermain dengan ilustrasi, tapi juga dengan benda-benda diam.
  • Orang yang membuat animasi disebut dengan animator. Animator itu tidak harus orang yang jago gambar, karena orang yang jago gambar disebut ilustrator. Seseorang bisa disebut animator kalau dia berhasil menghidupkan sebuah gambar, meskipun gambar itu jelek.
  • Level atau tingkatan dalam membuat sebuah animasi adalah proses dari sebuah animasi yang mampu move, lalu talk, kemudian walk, dan terakhir adalah think. Kunci agar kita semakin meningkat levelnya adalah latihan terus menerus.
  • Seorang sutradara film animasi harus tahu ilmu tentang timing, cutting, dan lain sebagainya.
  • Pertanyaan: Apa bedanya animasi untuk film dan game? Jawaban: Kalo untuk film, sifat penontonnya statis, sehingga dibutuhkan file yang ukurannya besar. Sedangkan untuk game, sifatnya interaktif.. sehingga ada proses pengulangan dan programming.
  • Software-software yang bisa dipakai untuk membuat animasi sangat banyak. Mas Wahyu sendiri suka menggunakan Adobe Photoshop, Adobe After Effect, Premiere,Flash. Selain itu banyak lagi software seperti Moho, Retas dan Blender.
  • Teori awal animasi adalah The Persistence of Vision by Mark Roget. Animasi tercipta karena otak kita mempunyai daya rekam. Inilah yang memunculkan konsep animasi.
  • Animasi tidak harus dilakukan dengan teknik komputerisasi atau digital. Animasi bisa menggunakan teknik konvensional.
  • Kenapa animasi Indonesia tidak sepopuler animasi Jepang? Karena di Jepang, yang menghidupi dunia animasi adalah masyarakat mereka sendiri. Industri konten di Jepang sangat berkembang dan menghasilkan.
  • Salah satu masalah penting dalam industri animasi adalah distribusi. Jika kita tidak punya jalur distribusi, bangunlah crowd dulu. Manfaatkan youtube misalnya.

foto bersama kelas #AkberJKT (dok. @jengajeng)    




Demikianlah sedikit catatan saya untuk Kelas #akberJKT “Industri Animasi” bersama Mas Wahyu Aditya (@maswaditya). Sekian dan terima kasih sudah membaca.

2 komentar:

  1. hai hai ikutan blogexchange juga ya? hehe salam kenal.. yuk exchange vote yuk :) nih link blog saya tentang bigBlogExchange http://kemalife.wordpress.com/2013/03/12/big-blog-exchange/

    dan link untuk vote http://www.bigblogexchange.org/blog/256002

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...Iya Kemal...
      Aku vote kamu ya. Vote me back ya....:)))

      Makasih ya udah berkunjung ke blogku

      Hapus

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...