Jumat, 22 Maret 2013

Saatnya Blogger Jalan-Jalan Gratis Ke Luar Negeri

 Judul di atas sangat-sangat bisa terwujud kalau kamu ikutan kompetisi ini. Adalah Big Blog Exchange yaitu sebuah kompetisi blogging berskala internasional yang diadakan oleh Hostelling International. Lomba ini terbuka bagi seluruh blogger di seluruh dunia. 

Yang menarik dari lomba ini adalah hadiah yang disediakan sangat waw. Jadi, nanti 16 blogger terpilih akan mengalami semacam  "pertukaran blogger" dengan blogger dari negara lain. Selama 10 hari kita akan bertukar tinggal dengan blogger dari negara lain, dan menjalani kehidupan di negara tersebut selama 10 hari (rencananya sih dari tanggal 7 -17 Juni 2013). Jadi misalnya saya terpilih di antara 16 blogger tersebut, dan bertukar tempat dengan blogger dari Manchester, Inggris, maka saya bisa menjalani hidup menjadi orang Manchester selama 10 hari. Siapa tau bisa nonton pertandingan Manchester United secara live disana. #amin

Bagaimana tahapan-tahapan Big Blog Exchange ini berlangsung:
Yuk kita simak

THE COMPETITION PHASE:

1 Maret - 15 April 2013
Ini adalah tahap pendaftaran dan pengumpulan vote. Jadi para blogger yang tertarik dengan kompetisi ini bisa langsung mendaftar di link http://www.bigblogexchange.org/ dan kemudian mulai mempromosikan dirinya kepada orang-orang untuk memberikan vote.

15 April 2013 -
Tahap pemberian vote berakhir. Di tahap ini, akan ada 100 orang dengan vote terbanyak, masing-masing 25 blogger dari 4 region yaitu , akan memasuki tahap penjurian. Juri akan menilai isi dan alasan setiap blog, untuk selanjutnya dipilih 14 finalis.

Dua blogger terakhir (wildcard) akan dipilih murni berdasarkan passion, inspiration dan motivasi mereka dalam kompetisi ini. Khusus untuk blogger dari wildcard ini, jumlah vote tidak akan dihitung. Ini artinya blogger yang memiliki sedikit vote masih bisa memiliki kesempatan untuk menjadi 16 blogger terpilih, tanpa harus khawatir terhadap popularitas mereka.

29 April 2013
Pada tanggal ini, akan diumumkan siapa saja 16 blogger terpilih yang akan mengikuti program "pertukaran blogger antar negara: ini. Dengan siapa dan dari negara mana para blogger ini akan bertukar tempat tinggal juga akan diumumkan di tanggal ini. Semua pengumumannya akan ada di http://www.bigblogexchange.org/.

 TAHAP PERSIAPAN

Di tahap ini, 16 blogger terpilih akan dihubungi segera setelah tanggal 29 April 2013 dan setiap blogger diberikan waktu selama 3 hari untuk mengkonfirmasi kesiapsediaan mereka.

Setelah itu, setiap blogger akan diberi waktu selama 5 minggu untuk persiapan visa, vaksinasi dan persiapan lainnya, dan nanti panitia akan berkoordinasi dengan peserta terkait dengan jadwal perjalanan, booking tiket pesawat, dan akomodasi, dan hal-hal lainnya.

Dalam kurun waktu ini pula, panitia akan menyiapkan guest account on your blog dan uang saku (total uang saku yang diberikan sebesar 500 euro untuk setiap blogger).

TAHAP PERTUKARAN ALIAS "EXCHANGE"

Dari tanggal 7 - 17 Juni 2013, para blogger yang terpilih akan menjalani fase pertukaran blogger antar negara. Para blogger akan  menjalani kehidupan selama sepuluh hari, penuh dengan jadwal kegiatan atau aktivitas yang harus mereka jalani selama disana. Para blogger dibebaskan untuk menulis apapun selama disana.

Selama tahap ini, setiap tulisan blogger akan ditampilkan di website penjurian, dan para pembaca bisa mulai untuk memberi VOTE untuk para blogger pilihan mereka, tentunya berdasarkan apa yang sudah ditulis para blogger tersebut. Pemenang tahap akhir kompetisi ini akan ditentukan berdasarkan jumlah VOTE yang diberikan pembaca pada tahap ini.

TAHAP "THE BLOGGERS FINAL MANIFESTO"

Setelah para blogger kembali ke negaranya masing-masing., para blogger akan diminta untuk menuliskan refleksi pengalaman mereka selama menjalani kehidupan dimana mereka mengalami pertukaran. Tulisan tersebut nantinya akan dimuat di website The Big Blog Exchange, dan akan menjadi arsip hingga proyek berikutnya dimulai.

THE WINNER:

Seluruh finalis akan diberi badge Hostel International Ambassador pada blog mereka, sedangkan pemenang tahap akhir, yang mendapat VOTE terbanyak pada tahap "exchange", akan diundang untuk menjadi salah satu juri di kompetisi The Big Blox Exchange tahun depan, dan membantu untuk memilih ke 16 finalis yang akan mengalami pertukaran di kompetisi tahun depan.


TERUSSSSSSSS...

Sekarang, saya sedang mengikuti kompetisi The Big Blog Exchange ini. Jadi, saya mohon bantuannya untuk memberikan vote untuk saya agar saya bisa masuk menjadi salah satu dari 25 top blogger untuk tingkat Asia Pasifik.

BAGAIMANA CARA MEMBERI VOTE SAYA:

  1.  Klik link berikut http://www.bigblogexchange.org/blog/1970022.
  2.  Setelah itu klik VOTE disamping profil saya, lalu masukkan alamat email kalian.
  3. Sekarang, buka inbox kalian masing-masing, dan carilah email dari BIG BLOG EXCHANGE. Bila tidak ada di inbox, kemungkinan email tersebut masuk ke SPAM.
  4. Buka email tersebut, lalu klik confirmation link atau link konfirmasi yang ada di email tersebut.
  5. Voilaa...Kamu sudah berhasil memberikan VOTE kepada saya. 
 Untuk itu saya hanya bisa mengucapkan terima kasih untuk teman-teman semua.Jika kalian juga tertarik untuk ikut kompetisi ini, daftar segera di bigblogexchange.orgKompetisi ditutup tanggal 15 April 2013.Ajak juga teman-teman kalian untuk memberi VOTE kepada saya.

KARENA SATU VOTE KALIAN SANGAT BERHARGA.


5 komentar:

  1. wih aku telatt. semoga kamu menang ya. salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas Ibnu...
      Amin. Sayangnya saya tidak ikut terpilih satu dari 16 blogger yang exchange. Bahkan dari Indonesia sama sekali tidak ada.

      Hapus

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...