Jumat, 15 Februari 2013

Blogger's Block. Sebuah Alasan

Jika seorang penulis mempunyai istilah writer's block, yaitu keadaan yang katanya dialami oleh para penulis yang membuat pikiran penulis menjadi semacam mandeg alias buntu, maka seorang blogger seperti saya pun berhak dong untuk memiliki istilah yang hampir serupa yaitu blogger's block, keadaan dimana seorang blogger menjadi berhenti menulis karena otak terasa buntu untuk menuliskan sesuatu untuk blognya.

Berbicara istilah blogger's block, mungkin bisa dibilang saya saat ini sedang mengalaminya. Bayangkan saja, jika biasanya saya posting di blog minimal satu minggu sekali, tapi kini saya sudah hampir satu bulan tidak posting apapun di blog saya. Postingan terakhir saya yaitu tanggal 21 Januari.

Tapi, apakah benar blogger's block  itu ada, dan bagaimanakah cara untuk mengatasinya?

Saya sendiri memandang blogger's block adalah sebuah nama lain dari kemalasan. Malas menulis, malas mencari ide, malas untuk menyelesaikan tulisan yang sudah separuh jalan, dan berbagai jenis malas lainnya yang akhirnya membuat seorang blogger akhirnya tidak memposting satu tulisan pun di blognya. Setuju dengan pendapat saya? Jika,iya, berarti kamu juga sedang mengalami apa yang saya alami.

Cara mengatasi blogger's block itu sebenarnya mudah, karena kita sudah tahu apa yang penyebab blogger's block tersebut. Kalau kita ingin melawan dan mengatasi rasa malas untuk menulis, maka lawanlah hal tersebut dengan menulis apa pun. Tulislah hal random sekali pun karena hal itu membuat otak kita semacam diberi suntikan penyegar, yang mungkin selama ini sudah terlalu jenuh dengan topik tulisan yang itu-itu saja. Jangan terlalu pedulikan jika memang tulisan yang kita tulis memang bukan "tulisan yang langsung layak dibaca" oleh pembaca blog kita. Karena jika hal itu saja yang terjadi, maka kita bisa melakukan proses mengedit di lain waktu. Bukankah lebih mudah melakukan sesuatu yang sudah ada "dasar"-nya.

Jadi...jadi...jadi
Masih menggunakan alasan blogger's block sebagai tameng terhadap berhentinya kita memposting tulisan di blog? Coba periksa dulu diri anda. Jangan-jangan itu hanya karena anda malas.
Sekian.







2 komentar:

  1. Blogger block terjadi sama saya itu kalau pas saya jarang keluar rumah untuk blusukan sana-sini, hahaha. Tapi untuk artikel yang bukan reportase blusukan, biasanya saya menggali inspirasi saat sedang "ngendog" alias "bertelur" alias... u know lah. Entah itu di kantor atau di rumah. Cukup 30 menit untuk nulis hasil inspirasi "ngendog" itu hehehe. Kamuuu pas "ngendog" ngapain hayooo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waawww.Kapan-kapan ajakin saya blusukan dong.
      Haha..tau lah apa itu ngendog.
      Kalau saya sih pas ngendog biasanya ngetwit...haha

      Hapus

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...