Sabtu, 17 Oktober 2015

Bekerja Lebih Efektif Dengan ASUS PC-Link

Pernah tidak kalian merasa notifikasi yang masuk di handphone menggangu konsentrasi kalian pada saat kalian sedang mengerjakan sesuatu di laptop atau PC kalian?

Keterikatan dan ketergantungan orang terhadap gawai smartphone mereka memang seringkali menjadi penghambat dari efektifitas pekerjaan mereka. Bayangkan saja misalkan kita sedang mengetik laporan yang harus segera diserahkan ke atasan, tapi pada saat mengetik, tiba-tiba kita harus berhenti sejenak karena mendengar smartphone kalian berbunyi atau merasakan getarannya. Karena rasa keterikatan itulah, akhirnya kita akan mengecek notifikasi apa yang masuk ke smartphone tersebut dan biasanya, tanpa kalian sadari, kita akan mengecek akun sosial media kita yang akhirnya menghabiskan waktu dan menunda pekerjaan pembuatan laporan tadi.

Lalu, bagaimana cara agar kita bisa mengecek notifikasi smartphone kita tanpa harus "membuka" smartphone tersebut?

Buat kalian yang memiliki smartphone ASUS pasti sudah akrab dengan aplikasi  "PC-Link" yang merupakan aplikasi bawaan dari produsen smartphone asal Taiwan ini. Sudah lama sebenarnya saya tak tahu apa fungsi dan manfaat dari aplikasi ini, namun baru saja saya iseng mencobanya dan ternyata baru saya tahu manfaat dari aplikasi PC-Link ini.

Menurut saya, manfaat utama yang saya pikir bisa diperoleh dari PC-Link ini adalah seperti yang sudah saya singgung di awal tulisan ini yaitu membuat kita bisa lebih fokus mengerjakan pekerjaan kita pada laptop atau  PC. Kenapa begitu? Ya karena dengan adanya koneksi PC-Link, maka kita tidak perlu khawatir akan terlambat untuk membalas pesan penting dari pacar kita karena kita tidak sempat mengecek smartphone kita akibat fokus mengerjakan sesuatu pada laptop.

Tampilan laptop saya ketika denga koneksi PC-Link dengan smartphone saya
Ada lagi manfaatnya? Ada dong. Jika kalian ingin memutar lagu yang ada di smartphone kalian, kalian tidak perlu memindahkan file lagu tersebut ke komputer atau laptop kalian. Cukup dengan menyetel musik tersebut melalui tampilan smartphone di layar laptop, dan voila. Suara musik kalian akan terdengar melalui speaker laptop atau komputer kalian. 

Oh iya, berhubung saya belum jago tutorial, berikut saya lampirkan video tutorial cara menggunakan PC-Link yang saya ambil dari Youtube.

 

Seperti halnya dua sisi mata uang, terkoneksinya smartphone dengan laptop atau komputer menurut saya memiliki dampak negatif juga. Bayangkan saja, bila biasanya seorang bos dapat langsung menegur pegawainya yang terlihat terlalu asyik dan sering mengecek smartphone-nya, maka hal itu sekarang agak susah dilakukan. Bisa saja pegawai tersebut sekarang selalu terlihat mengerjakan sesuatu di komputer kantor, tapi ternyata dia sedang sibuk mengetik dan membalas chat  di aplikasi Whatsapp, Line atau aplikasi messaging lainnya.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Haha. Gak lah pance.
      Ini aku feel excited karena baru tau fungsi apps bawaan asus ini.

      Hapus

Jangan lupa komentarnya ya....:))