Selasa, 25 Desember 2012

Demi Ucok, Antara Mimpi dan Kasih Orang Tua



Judul film: Demi Ucok
Tanggal rilis : 3 Januari 2013
Durasi : 79 menit
Sutradara: Sammaria Simanjuntak
Cast : Geraldine Sianturi, Mak Gondut, Saira Jihan, Sunny Sun


"Keberhasilan orang Batak itu ada 3 ukurannya, yaitu bisa menikah dengan orang Batak, punya anak Batak, dan punya menantu orang Batak."

Sebutlah seorang gadis bernama Gloria Sinaga (Glo), yang beprofesi sebagai seorang sutradara. Sejak film pertamanya sukses, karirnya seolah terhenti, dan film keduanya tak kunjung jadi juga karena tak ada produser yang mau membiayai film keduanya tersebut.Ia bermimpi film keduanya ini harus lebih sukses dan lebih serius digarap daripada film pertamanya.

Di sisi lain, ibunya yang bernama Mak Gondut terus memaksa dirinya untuk segera menikah dengan seorang Batak. Bahkan, Mak Gondut pun mengimingi-imingi dana produksi filmnya, asalkan Glo mau segera menikah dengan seorang pria Batak.

Apakah Glo akan berhasil mendapatkan produser yang akan membiayai filmya? Atau malah ia harus menerima tawaran Mak Gondut dan akhirnya menikah dengan pria Batak?

***

Membahas film ini, banyak sekali hal yang ingin saya bahas dalam review saya ini. Yang pertama adalah ternyata film Demi Ucok ini didukung oleh 10.000 co-producer (co-pro). Jadi, sejak tanggal 22 Desember 2011 yang lalu, tim Demi Ucok yang dikomandani Sammaria Simanjuntak sebagai producer, writer sekaligus director ini mulai melakukan pengumpulan dana dari sebesar Rp. 100.000 tiap co-pro dengan target sebesar 10.000 co-pro. Setiap co-pro akan mendapatkan sebuah souvenir dan nama mereka akan muncul dalam poster film.

Dan ternyata dari gerakan itu, tim Demi Ucok berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 251.487.000,00, yang digunakan untuk proses mastering dan distribusi hingga film ini dapat tayang di bioskop-bioskop di Indonesia.

Menarik bukan fakta tersebut....:))

Hal menarik yang kedua adalah meski film Demi Ucok ini baru premiere tanggal 22 Desember 2012 kemarin (saya berkesempatan hadir dalam acara tersebut..hehe), dan akan rilis di bioskop-bioskop tanggal 3 Januari 2013 (3-1-13, tanggal cantik bukan...), ternyata film Demi Ucok ini berhasil mendapatkan 8 nominasi dalam ajang Festival Film Indonesia 2012 yang lalu, dan berhasil mendapatkan 1 penghargaan kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik untuk akting Mak Gondut.


Hal menarik ketiga, di film ini sang sutradara pun ikut bermain dalam film, plus tambahan cameo dari beberapa orang yang saya rahasiakan namanya. Ya biar pada penasaran dan jadi pada nonton gitu.

Jadi, buat yang tertarik tahu sekelumit kehidupan keluarga Batak, atau ingin melihat bagaimana sebuah film yang dibuat dengan dukungan dari 10.000 co-pro ini akhirnya rilis (setahu saya konsep seperti ini baru pertama kali di Indonesia), wajib datang ke bioskop-bioskop terdekat di kota Anda pada tanggal 3 Januari 2013.

Fakta menarik:
- Ternyata Mak Gondut adalah ibunda asli dari sang sutradara, Sammaria Simanjuntak.

Selamat menonton dan selamat tahun baru 2013...

*terima kasih untuk @detikHot untuk undangan premierenya yang saya menangkan dari kuis di twitter.
 



5 komentar:

  1. wah, pingin nonton ben. suka tema2 semacam ini karena bisa belajar budaya suku2 di indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib nonton mbak....
      Lumayan jadi ngerti dikit2 adat Batak..
      Tapi yang paling menarik dari film ini adalah 10.000 co-pro itu.

      It's not a film. It's a movement

      Hapus
  2. wahh asik banget bisa ikutan main :D
    sanking menariknya saya juga bikin review film ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dah baca reviewmu...
      Menarik menarik.
      Tambahan fakta buat film ini adalah, di kehidupan aslinya, menantu Mak Gondut malah berasal dari suku Jawa.

      Hapus
    2. Oya? hahaha.. Lucu si mak gondut!
      Asik dong udah liat langsung orangnya di premiere ya :D

      Hapus

Jangan lupa komentarnya ya....:))

Masa Pertumbuhan Kita

Kalian pasti pernah menerima ucapan dari teman atau saudara kalian dengan bunyi kira-kira seperti ini " Makan yang banyak ya. Kan lagi ...